Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

KAI Gratiskan Tiket KA Siliwangi Ciranjang-Cipatat hingga 30 September 2020

Dalam rangka perpanjangan relasi tersebut, KAI memberikan tarif Rp 0 atau gratis, khusus untuk Rute Ciranjang-Cipatat PP pada periode keberangkatan 21 sampai dengan 30 September 2020.

"Perpanjangan operasi KA Siliwangi ini diharapkan dapat meningkatkan mobilitas masyarakat dan menggerakkan roda perekonomian daerah,” ujar Direktur Utama KAI, Didiek Hartantyo, dalam peresmian jalur KA Cianjur - Ciranjang - Cipatat secara virtual, Senin.

Didiek membeberkan, perpanjangan relasi KA sepanjang 15 kilometer (Km) tersebut dilakukan setelah Kementerian Perhubungan (Kemenhub) merampungkan jalur KA Cianjur-Ciranjang-Cipatat sepanjang 30 Km.

“KAI berterima kasih kepada Kementerian Perhubungan yang telah merealisasikan reaktivasi jalur Cianjur - Ciranjang - Cipatat. Dengan adanya reaktivasi ini maka KAI dapat semakin banyak melayani masyarakat," ujarnya.

Lebih lanjut, Didiek menjelaskan, meski rute KA Ciranjang-Cipatat masih gratis, masyarakat tetap harus membeli tiket seharga Rp 0 di loket stasiun yang dilayani KA Siliwangi yaitu Stasiun Sukabumi, Gandasoli, Cireungas, Lampegan, Cibeber, Cianjur, Ciranjang, Cipeuyeum, dan Cipatat yang dilayani mulai 3 jam sebelum jadwal keberangkatan.

Sedangkan untuk tiket KA Siliwangi rute Sukabumi - Cipatat PP tetap dikenakan tarif Rp 3.000 dan dapat dipesan di aplikasi KAI Access mulai H-7 sebelum keberangkatan.

“Adanya tarif promo dan perpanjangan rute ini, KAI berharap dapat meningkatkan minat masyarakat untuk menggunakan moda transportasi kereta api,” ucap Didiek.

Terdapat 6 perjalanan KA Siliwangi per hari dengan jadwal keberangkatan dari Stasiun Ciranjang menuju Stasiun Cipatat pada pukul 07.37 WIB, 13.37 WIB dan 19.37 WIB.

Sedangkan keberangkatan dari Stasiun Cipatat menuju Stasiun Ciranjang tersedia pada 08.45 WIB, 14.45 WIB dan 20.45 WIB.

Setiap perjalanan KA Siliwangi membawa 6 kereta ekonomi dengan kapasitas 106 tempat duduk per kereta. Untuk menciptakan physical distancing pada masa Adaptasi Kebiasaan Baru, KAI membatasi tiket yang dijual hanya 70 persen dari kapasitas tempat duduk yang tersedia.

https://money.kompas.com/read/2020/09/21/121414426/kai-gratiskan-tiket-ka-siliwangi-ciranjang-cipatat-hingga-30-september-2020

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke