Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

ADB Beri Pinjaman ke RI Rp 7,4 Triliun untuk Tingkatkan Ketahanan terhadap Bencana

Pinjaman ini diberikan agar Indonesia mendapatkan akses cepat ke pembiayaan darurat, apabila terjadi bencana akibat bencana alam atau wabah penyakit, seperti halnya pandemi Covid-19 saat ini.

Wakil Presiden ADB Ahmed M. Saeed mengatakan, pinjaman berbasis kebijakan ini akan membantu pemerintah merespons secara tepat waktu terhadap guncangan bencana. Serta mengurangi dampak ekonomi dan sosial terhadap infrastruktur publik juga mata pencaharian masyarakat, terutama pada kelompok miskin dan perempuan.

"Sebab Indonesia berada di jalur Cincin Api Pasifik dan sangat rentan terhadap serangkaian bencana alam, termasuk gempa bumi, tsunami, letusan gunung api, tanah longsor, banjir, dan kekeringan, dan kini Covid-19," ujarnya dalam keterangan tertulis, Kamis (24/9/2020).

Ia menjelaskan, pinjaman ini merupakan bagian dari Program Peningkatan Ketahanan Bencana (Disaster Resilience Improvement Program), yang menawarkan pembiayaan siaga bencana apabila ada deklarasi pemerintah tentang kondisi darurat bencana atau darurat kesehatan.

Dalam hal ini, bertujuan untuk mendukung reformasi Indonesia dalam manajemen risiko bencana dan pelayanan kesehatan. Program tersebut juga berupaya meningkatkan ketahanan bencana di antara berbagai lembaga dan masyarakat di Indonesia.

“Program ini ditujukan untuk membantu pemerintah meningkatkan keberlanjutan lingkungan, ketahanan bencana dan iklim, serta pembangunan modal manusia, termasuk kesehatan dan kesetaraan gender,” imbuh Spesialis Sektor Keuangan ADB, Benita Ainabe.

Program ini akan melengkapi Program Covid-19 Active Response and Expenditure Support (CARES) dari ADB senilai 1,5 miliar dollar AS untuk Indonesia, yang mendukung respons pemerintah menghadapi pandemi.

Sebelumnya, ADB juga telah menyediakan hibah senilai 3 juta dollar AS di bawah Asia Pacific Disaster Response Fund guna membantu pemerintah melakukan pengadaan peralatan dan perbekalan medis penting.

https://money.kompas.com/read/2020/09/24/095000426/adb-beri-pinjaman-ke-ri-rp-7-4-triliun-untuk-tingkatkan-ketahanan-terhadap

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke