Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Satgas PEN: Bergerak Bersama, Jangan Buang Waktu Pertentangkan Covid-19

Sebab, melawan Covid-19 hanya bisa dilakukan dengan pendekatan secara bersama-sama secara eksklusif. Pemerintah tidak bisa bekerja sendiri melawan Covid-19 melalui program-programnya.

"Pendekatan ini enggak bisa by authority, (melawan Covid-19) ini bisa by influence. Harus bersama membangun, enggak mungkin pemerintah mengerjakan sendiri. Jadi bersama-sama lebih baik rather than pertentangan, buang waktu aja," kata Budi dalam Kompas Talks "Vaksin Covid-19", Sabtu, (24/10/2020).

Budi menuturkan, pemerintah dan masyarakat harus bersama-sama siap bila sewaktu-waktu krisis seperti Covid-19 kembali muncul.

Di China, virus Sars Cov-1 sudah muncul lebih dulu pada tahun 2003. Artinya, bukan tidak mungkin virus seperti Sars Cov-2 kembali muncul di tahun-tahun mendatang.

"Mungkin Sars Cov-3 dan Sars Cov-4 bakal keluar lagi. Bukan Zaman saya. Zaman anak-anak kita. Ya kita harus siap," sebut Budi.

Budi menyebut, persiapan itu harus menyeluruh di 4 pilar, antara lain diagnostik, layanan kesehatan (treatment), perbaikan layanan kesehatan, dan vaksin.

Empat pilar ini pula lah yang direkomendasikan Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO) kepada seluruh negara yang tengah melawan pandemi Covid-19.

Dengan demikian, pemerintah perlu menyiapkan anggaran maupun SDM yang mumpuni.

"Mereka tidak menyarankan satu (pilar), mereka menyarankan 4. Empat-empatnya harus berjalan beriringan. Kita harus siapkan empat-empatnya, dari strategi deteksinya, dari layanannya, puskesmasnya, dari rumah sakitnya, dan vaksinnya," papar Budi.

Adapun saat ini, pemerintah terus memperbaiki 4 pilar tersebut karena vaksin bukan satu-satunya kunci melawan pandemi Covid-19. Keempat pilar itu terus digenjot agar pandemi Covid-19 bisa diatasi.

"Kita dibantu semua orang, dibantu Menteri Luar Negeri, dibantu duta besar, dibantu Pak Luhut dan stafnya. Sementara untuk vaksin kita ditugaskan untuk mendapatkan secepatnya dan sebanyak-banyaknya, tetap memenuhi standar safety WHO. Jangan keduluan sama negara lain. Kita dekati semuanya (produsen vaksin)," pungkas Budi.

https://money.kompas.com/read/2020/10/24/184100926/satgas-pen--bergerak-bersama-jangan-buang-waktu-pertentangkan-covid-19

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke