Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Menyikapi Kenaikan Investor Ritel, Apa Saja yang Perlu Diperhatikan?

JAKARTA, KOMPAS.com - Fenomena meningkatnya partisipasi investor ritel terjadi di seluruh dunia pada tahun 2020.

Pasar Modal Indonesia mencatatkan pertumbuhan SID di tahun 2020 sebesar 48,82 persen per 10 Desember 2020.

Chief Economist & Investment Strategist PT Manulife Aset Manajemen Indonesia Katarina Setiawan mengatakan, kenaikan jumlah investor retail terjadi karena lebih banyak aktivitas di rumah, akses informasi dan platform online trading yang tersedia memudahkan masyarakat untuk berinvestasi di pasar saham.

“Menurut kami meningkatnya minat untuk berpartisipasi merupakan hal yang positif, karena ini akan mendukung pendalaman dan pertumbuhan pasar modal. Semakin banyak investor yang berpartisipasi maka mekanisme pasar akan menjadi lebih efisien dan lebih resilien terhadap risiko keluarnya dana asing dari pasar,” kata Katarina dalam siaran pers, Selasa (23/2/2021).

Katarina menyebut, dengan kenaikan jumlah investor retail maka edukasi investor juga menjadi faktor penting untuk menekankan berinvestasi berdasarkan analisa dan tidak hanya sekadar ikut-ikutan saja.

“Terdapat risiko herd mentality yang dapat menyebabkan meningkatnya volatilitas pasar jangka pendek apabila investor sekedar ikut-ikutan dan tidak melakukan analisa dengan baik,” jelas dia.

Di tengah meningkatnya minat masyarakat terhadap investasi di pasar saham, ada beberapa hal yang perlu menjadi perhatian bagi investor baru, agar tidak terjerumus dalam kerugian karena minimnya pengetahuan tentang pasar modal.

“Pertama, lakukan perencanaan keuangan yang baik sebelum mulai berinvestasi. Rencanakan pengeluaran apa yang kita butuhkan ke depannya dan kapan kita butuhkan dana tersebut, jangan sampai kita menggunakan dana untuk kebutuhan penting jangka pendek sebagai dana investasi di pasar saham,” ujar Katarina.

Selanjutnya, investor baru harus mengenali saham yang hendak dibeli dan lakukan analisa fundamental, jangan membeli saham karena ikut-ikutan atau saran semata. 

Investor juga perlu melakukan monitor fundamental saham.

Hal ini mengingat, prospek suatu saham dapat berubah sejalan dengan perubahan tren industri atau perubahan internal perusahaan.

“Investor dapat memanfaatkan reksadana saham apabila tidak memiliki waktu atau kapabilitas untuk mengelola portfolio sendiri. Reksadana dikelola oleh manajer investasi profesional yang selalu mencermati perkembangan terakhir di pasar,” tegas Katarina.

https://money.kompas.com/read/2021/02/23/104929726/menyikapi-kenaikan-investor-ritel-apa-saja-yang-perlu-diperhatikan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke