Salin Artikel

[KURASI KOMPASIANA] Kiat Mengatur Keuangan selama Ramadhan

KOMPASIANA---Dalam menjalani ibadah pada bulan ramadan, kita mesti siap menyiapkan diri secara matang --baik secara mental, fisik maupun batin.

Selain itu, tentu saja, kita juga harus menyiapkan anggaran selama bulan puasa dan lebaran.

Banyak orang beranggapan saat bulan puasa pengeluaran akan berkurang, tapi kenyataannya kita harus mengeluarkan banyak anggaran selama bulan puasa dan persiapan ramadan.

Namun, kita juga mesti tahu: mana berhemat dan mana mesti beririt dalam mengelola keuangan. Adakah cara-cara yang bisa dilakukan agar pengeluaran tidak boros selama ramadhan?

1. Kakeibo, Tren Menabung Orang Jepang yang Bisa Dipraktikkan di Bulan Ramadhan

Kakeibo merupakan gaya menabung orang di negeri Sakura yang banyak contoh oleh orang di seluruh dunia. Tren menabung ini dianggap sangat efektif untuk menabung.

Kakeibo sendiri diartikan sebagai "buku rekening untuk ekonomi rumah tangga".

Metode ini, tulis Kompasianer Irhamna Mjamil, pertama kali diperkenalkan oleh jurnalis Jepang, Hani Matoko di tahun 1904.

Lantas, bagaimana caranya agar keuangan tak bocor saat bulan ramadhan?

Dalam hidup ada pengeluaran tetap dan ada juga hanya sekedar keinginan. Pengeluaran tetap seperti kebutuhan untuk listrik, biaya pendidikan, biaya perawatan kulit, harus dicatat serinci mungkin.

"Mencatat semua pengeluaran dapat membantu kita melihat berapa banyak pengeluaran yang dikeluarkan setiap bulan," tulis Kompasianer Irhamna Mjamil. (Baca selengkapnya)

2. Tip Mengatur Keuangan Saat Ramadan ala Anak Perantauan

Hidup di perantauan jika tidak pandai mengatur keuangan selama Ramadan, pulang kampung harus mengutang. Begitulah nasib perantau ketika bulan ramadhan.

Merantau jauh dari kampung halaman yang pernah Kompasianer Muhammad Nauval lakukan ketika itu dengan harapan ketika pulang kampung nanti bisa banyak uang.

"Nyatanya, menghemat uang ketika di perantauan tidaklah semudah yang dipikirkan. Apalagi di tengah pandemi seperti ini," tulisnya.

Seringkali kita menjadi bingung ketika gajian. Bisa-bisa kalian menjadi salah langkah. Akibatnya, uang yang seharusnya bisa kalian tabung, malah habis pada hal yang kurang berguna. (Baca selengkapnya)

3. Kesulitan Mengatur Keuangan Saat Ramadan, Ini Penyebab dan Langkah Mengatasinya!

Ketika Ramadan tiba, sebagian orang menganggap bahwa pemakaian uang akan lebih hemat karena berkurangnya jadwal makan.

Meski aktifitas berikurang, tapi banyak yang mengeluh akan keuangannya yang menipis dan tidak teratur ketika bulan Ramadan.

"Penyebab keuangan seseorang tak terkendali di bulan Ramadan yang paling sering dilakukan adalah membeli yang tidak perlu," tulis Kompasianer Satria Adhika.

Padahal, sebagaimana kita tahu, ramadhan sendiri mengajarkan mengenai kesederhanaan dan makan sesuai dengan kebutuhan.

Jika kita belanja dengan berlebihan, tandanya kita tak paham apa makna dari Ramadan itu sendiri. (Baca selengkapnya)

***

Baca konten-konten seputar Ramadhan di Kompasiana lewat program Samber THR: Mengatur Keuangan Saat Ramadan. 

https://money.kompas.com/read/2021/04/22/060600726/-kurasi-kompasiana-kiat-mengatur-keuangan-selama-ramadhan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.