Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tingkatkan Kualitas SDM Usaha Mikro, Kemenkop Gelar Pelatihan Literasi Keuangan

Asisten Deputi Pengembangan Kapasitas Usaha Usaha Mikro, Deputi Usaha Mikro Kemenkop UKM, Hariyanto mengatakan, usaha mikro memiliki porsi terbesar dari struktur pelaku usaha di Indonesia.

Saat ini, jumlah usaha mikro mencapai 63,4 juta unit usaha dari 64,2 juta keseluruhan UMKM. Ini menjadi tantangan besar untuk mendorong usaha mikro naik kelas.

“Salah satu tantangan besar itu adalah kemampuan terhadap akses pembiayaan yang masih rendah,” kata Hariyanto, Asisten Deputi Pengembangan Kapasitas Usaha Usaha Mikro, Deputi Usaha Mikro, Kementerian Koperasi dan UKM dalam siaran pers, Jumat (30/4/2021).

Hariyanto mengatakan, untuk meningkatkan akses terhadap pembiayaan perlu kemampuan menjalankan manajemen usaha yang baik. Salah satunya adalah dengan melengkapi administrasi dan pencatatan keuangan kegiatan usaha dalam segala kondisi usaha.

Pelaku usaha mikro juga perlu memahami pengelolaan keuangan baik saat likuiditas baik maupun ketika mengalami penurunan. Oleh karena itu, pelatihan literasi keuangan dilakukan oleh KemenkopUKM untuk meningkatkan pengetahuan SDM usaha mikro.

“Pelatihan merupakan salah satu kunci pemberdayaan usaha mikro untuk meningkatkan kapasitas pelaku usaha mikro dalam hal pengelolaan keuangan,” kata Hariyanto.

Pelatihan literasi keuangan usaha mikro salah satunya dilaksanakan dengan tema Pencatatan Keuangan UMKM di Tengah Pandemi Covid-19 yang dilakukan di Sampang, Madura, Jawa Timur.

Pelatihan ini ditujukan untuk membantu usaha mikro agar mampu melengkapi administrasi dan pencatatan keuangan saat kondisi likuiditas usaha mengalami penurunan sehingga dapat tumbuh dan berkembang kembali dalam meningkatkan produktivitas usahanya di masa Pandemi Covid-19.

Pelatihan ini diharapkan mendorong kemampuan para pelaku usaha mikro membuat laporan keuangan berstandar entitas mikro, kecil, menengah (MKM) yang akhirnya dapat diakses melalui aplikasi Lamikro.

Kepala Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Sampang Suhartini menyampaikan, masih banyak Usaha Mikro yang belum mengerti pencatatan keuangan.

"Kami menyambut baik dengan adanya pelatihan ini, dimana jumlah usaha mikro yang sebanyak 30.618 di kabupaten sampang ini masih banyak yg belum begitu mengenal literasi keuangan," kata Suhartini.

https://money.kompas.com/read/2021/04/30/224200726/tingkatkan-kualitas-sdm-usaha-mikro-kemenkop-gelar-pelatihan-literasi-keuangan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke