Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Erick Thohir: Ada 20 Juta Dosis Vaksin untuk Vaksinasi Gotong Royong

Pria yang juga menjabat sebagai Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) itu menyatakan, dosis tersebut mencakup vaksin Sinopharm dan Cansino yang cukup untuk vaksinasi sebanyak 12,5 juta orang.

"Jadi totalnya itu nanti ada 12,5 juta vaksin untuk program gotong-royong ini," ujar Erick dalam konferesi pers virtual acara Sosialisasi Sentra Vaksinasi Gotong-royong Kadin Indonesia, Rabu (19/5/2021).

Dia menjelaskan, untuk vaksin Sinopharm pihaknya sudah mendapatkan komitmen dari perusahaan tersebut sebanyak 15 juta dosis. Maka dengan dua kali suntikan, dosis tersebut cukup untuk 7,5 juta orang yang vaksinasi dilakukan mulai Mei ini hingga Desember mendatang.

Sementara untuk vaksin dari Cansino, pihaknya tengah mendorong pengadaan sebanyak 5 juta dosis untuk 5 juta orang, sebab jenis vaksin ini hanya butuh satu kali suntikan.

"Insya Allah juga kita akan push pengadaan vaksin Cansino yang jumlahnya 5 juta dosis," kata dia.

Erick bilang, saat ini untuk vaksin gotong royong masih fokus pada kedua merek tersebut, namun dipastikan pihaknya terbuka untuk melakukan kerjasama pengadaan vaksin dari berbagai negara seperti di Eropa ataupun Amerika Serikat (AS).

"Kami tidak menutup mata untuk kerjasama vaksin dari negara-negara lain, kami terus jajaki, karena di Program Indonesia Sehat itu poin paling pertama adalah percepatan vaksinasi secara menyeluruh," ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Rosan Roeslani menambahkan, hingga saat ini sudah sebanyak 10 juta orang yang didaftarkan dalam program vaksinasi gotong royong yang diinisiasi oleh pihak swasta.

Program Vaksinasi Gotong Royong ini diikuti oleh pelaku usaha baik korporasi maupun UMKM.

"Yang melakukan registrasi atau pendaftaran di Kadin melalui link Kadin, ini kami lakukan tidak ada yang manual dan semua secara automatic, itu sudah ada 22.736 perusahaan dan sudah menyentuh 10 juta orang," ujar Rosan.

https://money.kompas.com/read/2021/05/19/160600326/erick-thohir--ada-20-juta-dosis-vaksin-untuk-vaksinasi-gotong-royong

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke