Salin Artikel

[POPULER MONEY] Negara Pertama yang Bakal Gunakan Bitcoin sebagai Alat Pembayaran Sah | Bea Cukai Cuci Gudang

El Salvador berpotensi menjadi negara pertama yang menggunakan aset kripto jenis Bitcoin sebagai alat pembayaran sah.

Presiden El Salvador Nayib Bukele mengatakan, pada pekan ini pemerintah akan mengirimkan rancangan undang-undang (RUU) ke Kongres, untuk menjadikan transaksi Bitcoin legal.

“Saya akan mengirimkan RUU ke Kongres yang akan menjadikan Bitcoin sebagai alat pembaran sah,” katanya dilansir dari CNN, Senin (7/6/2021).

Ia menjelaskan, pemerintahannya akan bekerjasama dengan perusahaan keuangan digital, Strike, untuk menyiapkan infrastruktur dan logistik aturan tersebut.

Simak selengkapnya di sini

2. Cuci Gudang, Bea Cukai Lelang 75 Mobil secara Online

Bagi Anda yang sedang mencari mobil lewat jalur lelang, jangan ketinggalan lelang mobil pada pekan ini. Sebab Direktorat Jenderal (Ditjen) Bea Cukai akan cuci gudang dengan kembali melelang mobil secara online.

Tak tanggung-tanggung, jumlah mobil yang akan dilelang mencapai 75 mobil.

Dalam pengumuman lelang di website lelang resmi milik pemerintah, lelang.go.id, Senin (7/6/2021), seluruh mobil yang dilelang bermerek KIA Rio.

Adapun 75 mobil tersebut merupakan barang yang tidak dikuasai negara. Berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) 178/PMIZ.04/2019, barang yang tidak dikuasai yakni barang yang ditimbun di Tempat Penimbunan Sementara (TPS) yang melebihi jangka waktu 30 hari sejak penimbunannya atau barang yang tidak dikeluarkan dari Tempat Penimbunan Berikat (TPB) yang telah dicabut izinnya dalam jangka waktu 30 hari sejak pencabutan izin.

Ingin ikut lelangnya? Simak di sini

3. Dituding Guncang Pasar Kripto dan Hancurkan Kehidupan, Ini Kata Elon Musk

Sebuah video di YouTube yang mengaku berasal dari kelompok peretas Anonymous membidik Elon Musk, dengan mengatakan tweet CEO Tesla dan SpaceX itu yang telah mengguncang pasar kripto telah “menghancurkan kehidupan” orang-orang pekerja keras.

Namun, mengutip CoinDesk, mengingat sifat dan nama grup peretas yang terdesentralisasi, tidak mungkin untuk menentukan dengan pasti 100 persen bahwa video berjudul Anonymous Message To Elon Musk yang tayang 5 Juni lalu tersebut dibuat oleh anggota Anonymous.

Mengenakan topeng Guy Fawkes dan menggunakan pengubah suara, narator video itu menuduh Musk tidak lebih dari penjahat Bond, seseorang dengan citra yang dikembangkan dengan hati-hati sebagai visioner yang menyamar "tidak lebih dari pria kaya narsis lainnya yang sangat membutuhkan perhatian".

Setelah mempermasalahkan catatan lingkungan dan karyawan Musk, video tersebut memusatkan perhatian pada percobaan baru-baru ini Musk dengan kripto.

Selengkapnya baca di sini

4. Harga Sahamnya Meroket Ribuan Persen, Ini Profil DCI Indonesia

PT DCI Indonesia (DCII) baru melantai di Bursa Efek Indonesia awal tahun ini. Tepatnya tanggal 6 Januari 2021 dengan harga penawaran IPO Rp 420 per sahamnya.

Pada perdagangan hari pertama tersebut DCII langsung kena ARA alias auto reject atas setelah naik 25 persen ke posisi Rp 525.

Hingga penutupan 4 Juni 2021, harga saham DCII telah melonjak 4.423,81 persen ke posisi Rp 23.750 dibandingkan sejak IPO.

Lonjakan yang fantastis termasuk jika dibandingkan dengan saham Bank Jago (ARTO) salah satu emiten yang juga moncer akhir-akhir ini.

Baca selengkapnya di sini

5. Marak, Ayam Kampung 'Tidak Asli' Beredar di Pasaran

Seiring dengan tren gaya hidup sehat yang semakin meningkat, terutama di masyarakat perkotaan, membuat konsumsi daging ayam kampung terus mengalami peningkatan.

Mudah ditemui restoran yang menjual menu ayam kampung. Begitupun di pasar tradisional hingga ritel modern, daging ayam kampung begitu mudah ditemui.

Namun demikian, menurut praktisi peternakan Febroni Purba, selama ini marak pula peredaran karkas daging ayam persilangan yang dicatut sebagai ayam kampung asli.

Ayam hasil persilangan yang banyak beredar di masyarakat, namun seringkali dianggap sebagai ayam kampung seperti jenis jowo super alias ayam joper.

Simak selengkapnya di sini

https://money.kompas.com/read/2021/06/08/054000526/-populer-money-negara-pertama-yang-bakal-gunakan-bitcoin-sebagai-alat

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.