Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Persiapan Pembukaan Pariwisata Bali untuk Wisman Sudah 90 Persen

JAKARTA, KOMPAS.com – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengungkapkan, saat ini persiapan untuk pembukaan kawasan wisata bagi wisatawan mancanegara sudah 90 persen.

“Persiapan pembukaan pariwisata Bali bagi wisatawan mancanegara telah memasuki tahap akhir dan telah mencapai 90 persen,” kata Sandiaga seperti dikutip dari Instagramnya, Sabtu (12/6/2021).

Diketahui, Presiden Joko Widodo menargetkan pembukaan Travel Corridor Arrangement atau TCA dapat terealisasi di bulan Juli 2021.

Namun, sebelum pariwisata benar-benar dibuka, Sandiaga terus memastikan kesiapan SDM dan pengelola pariwisata setempat.

“Progres ini akan terus meningkat, bergantung dari pada keseriusan kita untuk menghadirkan prakondisi-prakondisi. Prakondisi yang menjadi barometer penyiapan pembukaan pariwisata Bali tersebut di antaranya adalah pengendalian kasus Covid-19, program vaksinasi, penyiapan travel corridor arrangement, peningkatan kepatuhan dan protokol Kesehatan,” jelas dia.

Sandiaga berharap, kasus penyebaran Covid-19 secara global bisa terus menurun.

Dengan demikian, apa yang sudah ditargetkan bisa direalisasikan tepat waktu.

Sehingga pemulihan pariwisata dan ekonomi kreatif Bali bisa terwujud.

“Harapan kami, kasus Covid-19 dapat terus ditekan dan keadaan secara global juga semakin kondusif, sehingga target yang diberikan kepada kita tentunya bisa kita selesaikan,” tambah dia.

Sandiaga juga menjelaskan beberapa kawasan pariwisata di Bali yang dalam waktu dekat ini akan dibuka antra lain, berada di lokasi zona hijau seperti Sanur, Ubud, dan Nusa Dua atau yang disingkat dengan SUN.

“Ini adalah proses panjang dan melibatkan begitu banyak pihak, namun kami semua optimis ini dapat berjalan dengan baik. Harapan ekonomi Bali bangkit akan segera terwujud. Semangat untuk para pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif di Bali,” tegas dia.

https://money.kompas.com/read/2021/06/12/200446426/persiapan-pembukaan-pariwisata-bali-untuk-wisman-sudah-90-persen

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke