Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Dana Rp 241,8 Juta Raib di Jenius, BTPN: Nasabah Diperdaya oleh Pelaku Penipuan

Communications and Daya Head Bank BTPN Andrie Darusman mengatakan, pihaknya telah menerima dan memproses laporan tersebut dengan memblokir akun Jenius penerima dana.

“Nasabah diperdaya oleh pelaku penipuan untuk memberikan informasi bersifat rahasia dan pribadi melalui link tidak resmi sehingga akun Jenius mereka disalahgunakan oleh pelaku penipuan," tutur Communications and Daya Head Bank BTPN, Andrie Darusman, kepada Kompas.com, Senin (26/7/2021).

Namun demikian, Andrie menyebutkan, Jenius Bank BTPN tidak bisa berjanji mengembalikan dana yang raib tersebut. Pasalnya, Wirawan melakukan transaksi sesuai ketentuan dan prosedur yang berlaku.

“(Nasabah) bertanggung jawab atas transaksi perbankan yang dilakukan dan telah mendapat otorisasi dari nasabah sendiri,” ujar Andrie.

“Terkait proses pengembalian dana, pihak bank tidak dapat menjanjikan apapun terkait hal ini,” tambahnya.

Meskipun begitu, Ia memastikan manajemen Bank BTPN akan membantu nasabah apabila dibutuhkan proses lebih lanjut.

“Jenius dari Bank BTPN tunduk pada prosedur dan ketentuan yang berlaku,” ucapnya.

Sebagai informasi, nasabah Jenius bernama Wirawan A Candra menceritakan peristiwa kehilangan dana tabungannya melalui akun Facebook pribadinya.

Dalam unggahannya, Wirawan menceritakan kronologi penipuan yang dialami, sampai kesulitan yang dihadapi dalam upaya pemblokiran ke Bank BTPN.

https://money.kompas.com/read/2021/07/27/063902726/dana-rp-2418-juta-raib-di-jenius-btpn-nasabah-diperdaya-oleh-pelaku-penipuan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke