Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ruangguru Luncurkan Fitur Adapto untuk Siswa SMP dan SMA

Fitur ini diklaim dapat meningkatkan interaksi belajar layaknya memiliki guru privat sendiri.

Terintegrasi di dalam video belajar Ruangguru, Adapto menjadi video belajar adaptif pertama di Indonesia yang saat ini tersedia bagi siswa SMP dan SMA.

Misalnya, di tengah video belajar, guru akan mengecek pemahaman siswa dengan memberikan opsi “Paham” dan “Bingung”. Jika siswa memilih opsi “Paham”, maka guru akan melanjutkan penjelasan ke topik selanjutnya.

Namun apabila siswa memilih “Bingung”, maka guru akan akan mengulang kembali penjelasan materi yang belum dipahami.

“Proses materi belajar selanjutnya, akan disesuaikan berdasarkan pemahaman yang dimiliki siswa di setiap tahap. Sehingga, setiap siswa dapat memiliki alur dan ritme belajar yang berbeda-beda, tergantung pemahaman dan kebutuhan mereka,” ujar Belva Devara, Pendiri dan Direktur Utama Ruangguru dalam keterangan resminya, pekan lalu.

Belva menuturkan, dengan fitur belajar Adapto, pemahaman siswa akan lebih terukur, karena penjelasan akan disesuaikan dengan pemahaman siswa.

“Meskipun terlihat sederhana, namun proses di balik layar pengembangan fitur Adapto, melibatkan tahapan yang sangat rumit," tutur Iman Usman, Pendiri dan Direktur Produk & Kerja Sama Ruangguru.

https://money.kompas.com/read/2021/07/27/162801126/ruangguru-luncurkan-fitur-adapto-untuk-siswa-smp-dan-sma

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke