Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Indika Energy Bakal Divestasi 51 Persen Saham Mitrabara

INDY melalui PT Indika Energy Infrastructure (IEI) bersama-sama dengan The China Navigation Co. Pte. Ltd., keduanya sebagai penjual, telah menandatangani Perjanjian Jual Beli Bersyarat (CSPA) dengan PT Galley Adhika Arnawama (GAA) pada 6 Agustus 2021.

"Pejanjian jual beli bersyarat itu sehubungan dengan rencana penjualan seluruh saham penjual di PT Mitrabahtera Segara Sejati Tbk (MBSS) kepada GAA," ungkap Wakil Direktur Utama dan Group CEO Indika Energy Azis Armand dalam keterangan tertulis, Senin (9/8/2021).

Berdasarkan CSPA tersebut, perseroan melalui IEI bermaksud untuk menjual keseluruhan 892.513.586 saham IEI di MBSS. Valuasi yang disepakati untuk seluruh saham di MBSS adalah setara dengan 81 juta dollar AS atau sekitar Rp 1,15 triliun (asumsi kurs Rp 14.300 per dollar AS).

Maka dengan jumlah saham yang mewakili 51 persen dari modal disetor MBSS, perkiraan nilai penjualan dari rencana transaksi adalah sejumlah 41,31 juta dollar AS atau sekitar Rp 590,73 miliar.

Penyelesaian rencana transaksi ditargetkan selesai pada Oktober 2021 dengan pemenuhan beberapa persyaratan pendahuluan sebagaimana diatur di dalam CSPA. Nantinya, setelah transaksi rampung maka MBSS tak lagi menjadi anak usaha INDY.

Azis mengatakan, penjualan kepemilikan saham di MBSS adalah bagian dari strategi INDY sebagai perusahaan energi dengan portofolio bisnis yang terdiversifikasi, dimana perseroan akan mengurangi eksposur di bisnis batubara dan menambah portfolio investasi non-batubara.


INDY bahkan menargetkan untuk mencapai 50 persen pendapatan dari sektor non-batubara pada 2025 mendatang.

"Penjualan saham Indika Energy di MBSS menjadi langkah perusahaan untuk mengurangi eksposur di bisnis batubara," katanya.

Menurut dia, INDY akan terus mengkaji portofolio bisnis dan mengutamakan aspek berkelanjutan, serta akan fokus melakukan diversifikasi di luar sektor intinya di bidang energi dan pertambangan. Ia bilang, hal itu sejalan dengan tujuan perseroan untuk mendorong energi di Indonesia demi masa depan yang berkelanjutan.

“Kedepannya, Indika Energy akan mengembangkan bisnis yang sejalan dengan komitmen environmental, social, and governance (ESG) perusahaan menuju netral karbon pada tahun 2050," tutup Azis.

https://money.kompas.com/read/2021/08/09/151224826/indika-energy-bakal-divestasi-51-persen-saham-mitrabara

Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+