Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mencermati Peluang Investasi Saham Jelang Akhir Tahun

Portfolio Manager, Equity PT Manulife Aset Manajemen Indonesia Andrian Tanuwijaya mengungkapkan, faktor pelonggaran aktivitas yang diberlakukan dapat mendorong kinerja pasar saham Indonesia. Di sisi lain, meningkatnya aliran modal ke pasar domestik juga menjadi katalis positif di pasar modal.

“Antusiasme dan optimisme pelaku pasar akan pemulihan aktivitas domestik sudah terlihat dari meningkatnya inflow baik dari investor lokal maupun asing. Rata-rata nilai perdagangan harian selama minggu pertama di bulan Oktober mencapai level tertinggi sejak Januari 2021 sebesar Rp 15,5 triliun,” kata Andrian dalam siaran pers, Minggu (14/10/2021).

Andrian menambahkan, katalis positif yang menggerakkan pasar modal juga mencakup peningkatan jumlah vaksinasi, membaiknya kepercayaan konsumen, kenaikan harga komoditas, serta perbaikan earnings perusahaan.

“Ini diharapkan dapat mendorong penguatan pasar saham Indonesia sampai dengan akhir tahun,” tambah dia.

Di sisi lain, dengan membaiknya kondisi pasca pandemi, dan antusiasme pembukaan kembali perekonomian Indonesia mendorong kenaikan pada saham sektor conventional economy (ekonomi lama), mengalahkan saham sektor new economy yang sempat menjadi primadona investor.

Menurut Andrian, sejak awal tahun, terdapat polarisasi yang cukup signifikan antara kinerja saham yang dikategorikan sebagai conventional economy dengan new economy. Hal ini bisa dengan mudah terlihat dari Indeks LQ45 yang di suatu masa sempat underperformed dibandingkan IHSG sebesar 13 persen.

“Oleh karena perbedaan kinerja yang signifikan tersebut, kami melihat fenomena rotasi sektoral yang terjadi belakangan merupakan hal yang wajar apalagi memang didukung oleh beberapa berita positif seperti angka Covid-19 yang terus menurun secara konsisten,” jelas dia.

Adapun risiko yang perlu dicermati investor kedepannya, mencakup ketersediaan vaksinasi yang luas, efektivitas penanganan pandemi, serta komunikasi pemerintah dan bank sentral akan perubahan kebijakan moneter dan fiscal, termasuk besaran dan kecepatannya.

Dia juga menyebut, kualitas dari rilis data ekonomi dalam beberapa bulan mendatang turut mempengaruhi bagaimana pengetatan kebijakan moneter global akan dilakukan.

https://money.kompas.com/read/2021/10/25/110800026/mencermati-peluang-investasi-saham-jelang-akhir-tahun-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke