Salin Artikel

Slip Gaji Karyawan: Format dan Contohnya

KOMPAS.com - Slip gaji adalah dokumen yang berisi rincian berbagai komponen upah seseorang, termasuk di dalamnya rincian tunjangan, bonus, dan lainnya.

Slip gaji dikeluarkan tiap bulan oleh perusahaan baik dalam bentuk cetak atau elektronik. Idealnya, slip gaji karyawan memuat logo, nama, dan alamat perusahaan.

Namun beberapa perusahaan kecil dan pekerjaan informal mungkin tidak memberikan slip gaji karyawan.

Menurut Cambridge Dictionary, slip gaji adalah selembar kertas yang diberikan pada karyawan untuk menunjukkan berapa banyak yang telah mereka peroleh dan potongan apa yang diambil untuk pajak penghasilan dalam periode tertentu.

Format slip gaji

Perlu dicatat, setiap perusahaan memiliki format slip gaji karyawan yang berbeda. Namun, format contoh slip gaji kurang lebihnya sama.

Berikut format slip gaji karyawan seperti di laman paisabazaar.com:

  • Nama, logo dan alamat perusahaan.
  • Keterangan periode slip gaji karyawan.
  • Nama, nomor induk, keterangan jabatan, dan departemen karyawan.
  • NPWP, nomor rekening bank, dan masa kerja karyawan.
  • Total hari kerja, hari kerja efektif, jumlah cuti
  • Daftar terperinci dari penghasilan, bonus, tunjangan, dan pengurangan.
  • Pembayaran kotor dan pembayaran bersih.

Meski dibuat dengan sederhana, format contoh slip gaji karyawan tetap harus mengikuti ketentuan komponen upah berdasarkan Undang-Undang Ketenagakerjaan Nomor 13 Tahun 2003 yang berbunyi:

Hak pekerja/buruh yang diterima dan dinyatakan dalam bentuk uang sebagai imbalan dari pengusaha atau pemberi kerja kepada pekerja atau buruh/buruh yang ditetapkan dan dibayarkan menurut suatu perjanjian kerja, kesepakatan, atau peraturan perundang undangan, termasuk tunjangan bagi pekerja/buruh dan keluarganya atas suatu pekerjaan dan/atau jasa yang telah telah atau akan dilakukan.

Fungsi slip gaji

Contoh slip gaji karyawan sangat penting bagi karyawan karena memiliki beberapa fungsi. Oleh karenanya, jika perusahaan tidak rutin memberikan contoh slip gaji maka karyawan berhak untuk memintanya.

Berikut beberapa fungsi contoh slip gaji:

1. Mengetahui pajak penghasilan

Slip gaji karyawan berisi berbagai komponen seperti gaji dasar, tunjangan transportasi, tunjangan kesehatan, tunjangan perjalanan cuti, dan sebagainya yang mungkin memiliki perlakuan pajak yang berbeda.

Mengetahui nilai komponen-komponen secara terpisah di slip gaji dapat menjadi dasar untuk memaksimalkan penghematan pajak penghasilan untuk tahun anggaran yang berlaku.


2. Pengajuan kredit

Slip gaji karyawan berisi rincian pendapatan bulanan Anda yang merupakan faktor kunci yang menentukan kemampuan seseorang untuk memenuhi pembayaran kreditnya.

Jadi, slip gaji karyawan sangat penting sebagai syarat mengajukan kartu kredit, pinjaman, hipotek, dan pinjaman lainnya. 

3. Mencari pekerjaan

Informasi tentang berbagai komponen slip gaji dapat membantu perusahaan menilai tawaran negosiasi gaji calon karyawannya saat melamar pekerjaan.

Contoh slip gaji karyawan sederhana:

Demikian pengertian dari apa itu slip gaji karyawan. Jika masih kesulitan untuk memahami, maka bisa menggunakan contoh slip gaji karyawan sederhana di atas.

https://money.kompas.com/read/2021/12/04/205042426/slip-gaji-karyawan-format-dan-contohnya

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.