Salin Artikel

Bandara Ngloram Diresmikan Jokowi, Menhub: Peminatnya Banyak

JAKARTA, KOMPAS.com - Bandara Ngloram di Kecamatan Cepu, Kabupaten Blora, Jawa Tengah telah diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada hari ini, Jumat (17/12/2021). Bandara ini pun diyakini akan meningkatkan perekonomian masyarakat di daerah Blora.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan, Bandara Ngloram sebelumnya dimiliki oleh Kementerian ESDM dan PT Pertamina (Persero), yang dibangun untuk menunjang operasional perusahaan. Namun, sudah tak beroperasi lagi sejak 1984.

Bandara Ngloram pun diserahkan ke Kementerian Perhubungan (Kemenhub), hingga akhirnya pada 2018 Ditjen Perhubungan Udara Kemenhub melakukan pembangunan kembali dan rampung pada November 2021. Bandara ini pun sudah mulai beroperasi dan memiliki banyak peminat.

"Bandara Ngloram saat ini sudah diterbangi oleh Citilink, dua kali seminggu dan penuh, peminatnya banyak sekali," ujar Budi Karya Sumadi saat peresmian Bandara Ngloram.

Adapun maskapai Citilink melayani penerbangan rute Jakarta (Bandara Halim Perdanakusumah) menuju Bandara Ngloram, setiap hari Senin dan Jumat.

Pembangunan Bandara Ngloram menggunakan APBN senilai Rp 132 miliar untuk perpanjangan landas pacu (runway), pelapisan, pembuatan taxiway, apron, pagar pengaman, dan terminal penumpang. Desain pembangunan terminal merupakan hasil karya arsitek pemenang sayembara desain bandara.

Bandara yang memiliki luas sekitar 27 hektar ini, dilengkapi dengan landas pacu sepanjang 1500 meter x 30 meter, taxiway 142 meter x 23 meter, Apron 90 meter x 60 meter. Bandara Ngloram mampu didarati pesawat ATR 72.

Selain itu, bandara ini memiliki terminal penumpang seluas 3.526 meter persegi yang dapat memuat kapasitas hingga 210.000 penumpang per tahun.

Menurut Budi Karya, pembangunan Bandara Ngloram sekaligus menunjukkan sinergi yang baik antara pemerintah pusat, daerah, dan operator penerbangan, dalam upaya meningkatkan konektivitas dari dan menuju Blora, Jateng.

Beroperasinya Bandara Ngloram sebagai bandara komersil diyakini dapat menjadi alternatif konektivitas dan aksesibilitas bagi masyarakat di Jateng, seperti Blora, Bojonegoro dan sekitarnya.

Selain itu, kehadiran bandara itu diharapkan mampu meningkatkan perekonomian masyarakat di daerah yang memang dikenal menjadi pusat aktivitas industri perminyakan tersebut.

"Pengoperasian Bandara Ngloram ini menunjukkan bahwa pembangunan tetap kami jalankan walaupun di masa pandemi," kata Budi Karya Sumadi.

https://money.kompas.com/read/2021/12/17/114226126/bandara-ngloram-diresmikan-jokowi-menhub-peminatnya-banyak

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.