BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan BCA
Salin Artikel

Layanan Outward Remittance dari Sektor Perbankan Mudahkan Aktivitas Transaksi Bisnis Impor

KOMPAS.com - Satu dekade yang lalu, bisnis impor boleh jadi terlihat rumit dan ribet. Mulai dari perizinan, pengiriman, hingga pembayaran membutuhkan usaha ekstra. Alhasil, hanya sejumlah pihak saja yang mau dan berhasilmenggarap peluang bisnis tersebut.

Kini, dengan inovasi teknologi digital, pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) pun dapat ikut menggarap bisnis impor.

Dari segi perizinan, pemerintah Indonesia melalui Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) juga sudah memberikan kemudahan melalui sistem online single submission (OSS).

Kemudahan tersebut, mulai dari mengurus persyaratan berusaha, izin usaha, hingga izin operasional bisnis secara praktis, aman, serta real time.

Keberadaan platform online juga diharapkan bisa semakin membantu para pelaku UMKM dalam merintis dan mengembangkan bisnisnya.

Dengan begitu, pertumbuhan dan perkembangan sektor UMKM pun akan semakin subur. Begitu pula dengan kondisi ekonomi negara.

Terbukti, berdasarkan data yang dikeluarkan Badan Pusat Statistik pada 2021, dalam lima tahun terakhir, bisnis impor terus mengalami pertumbuhan.

Dalam catatan tersebut, impor barang konsumsi tumbuh rata-rata 6,88 persen per tahun, impor barang modal 6,82 persen, dan impor bahan baku 6,47 persen.

Selain itu, dengan kehadiran sistem satu pintu tersebut, perusahaan pengimpor tidak perlu mengurus perizinan sampai lima bulan.

Bagi pengimpor eceran, kehadiran e-commerce lintas-batas negara memudahkan proses pencarian barang impor.

Platform tersebut juga memudahkan pengimpor dalam pencarian supplier yang menawarkan harga terbaik.

Permudah pengiriman valas

Besarnya potensi dari sektor bisnis impor turut menghadirkan banyak peluang bagi sektor lainnya, termasuk perbankan.

Oleh karena itu, pelaku di sektor perbankan membuat inovasi dengan menghadirkan layanan outward remittance pada internet banking mereka.

Sebagai informasi, outward remittance adalah layanan pengiriman uang dari dalam negeri (Indonesia) ke bank luar negeri dalam bentuk valuta asing (valas).

Melalui layanan tersebut, importir akan mendapatkan berbagai keuntungan, mulai dari pengiriman uang yang mudah dan cepat, menjamin keamanan bertransaksi, hingga biaya pengiriman yang ringan. Transfer uang ke luar negeri pun dapat diterima oleh eksportir pada hari yang sama.

Di Indonesia, fasilitas itu turut disediakan oleh PT Bank Central Asia Tbk atau Bank BCA melalui fitur KlikBCA Bisnis.

Lewat KlikBCA Bisnis, pengusaha impor bisa melakukan transaksi valas untuk pembelian produk impor ke mitra bisnis di negara tertentu dengan mudah dan antiribet.

Adapun layanan Outward Remittance BCA melayani pengiriman uang dalam 14 mata uang asing, yakni dollar Australia (AUD), dollar Kanada (CAD), franc Swiss (CHF), yuan Chinese Yuan (CNH), krona Denmark (DKK), euro (EUR), pound sterling Inggris (GBP), dollar Hong Kong (HKD), yen Jepang (JPY), dollar Selandia Baru (NZD), riyal Saudi Arabia (SAR), krona Swedia (SEK), dollar Singapura (SGD), dan dollar Amerika Serikat (USD).

Sebagai informasi, layanan outward remittance melalui KlikBCA Bisnis memiliki beragam keuntungan. Salah satunya, pengiriman valas bisa dilakukan dengan biaya ringan dan kurs cantik. Transaksi pun mudah, serta dapat dilakukan di mana dan kapan saja via KlikBCA Bisnis.

Selain kemudahan, KlikBCA Bisnis juga dapat melayani transaksi outward remittance dengan sumber dana valas di atas 100.000 dollar AS. Pengguna cukup mengisi surat pernyataan untuk menggunakan layanan ini.

Bukan itu saja, tersedia pula pilihan transfer secara Full Amount di KlikBCA Bisnis. Dengan fitur ini, valas yang dikirim akan diterima secara utuh.

Itu berarti, transaksi bisnis bisa #MakinLancar. Apalagi, KlikBCA Bisnis juga memiliki fitur Value Today yang memungkinkan valas yang dikirim sampai pada hari yang sama.

Bagi pengguna yang sudah memiliki KlikBCA Bisnis, aktivasi fitur kiriman valas bisa dilakukan dengan mengisi formulir KlikBCA Bisnis yang tersedia di website resmi BCA. Setelah itu, pengajuan akan diproses oleh kantor cabang BCA.

Dengan layanan outward remittance di KlikBCA Bisnis, kini transaksi bisnis internasional tak lagi jadi kendala. Untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi laman KlikBCA Bisnis atau hubungi Halo BCA (021) 15008888.

https://money.kompas.com/read/2021/12/23/151700726/layanan-outward-remittance-dari-sektor-perbankan-mudahkan-aktivitas-transaksi

Bagikan artikel ini melalui
Oke