Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Survei Core: Transformasi Digital Tak Berefek kepada Petani Kecil

Penemuan ini didapat Andreas saat melakukan survei yang melibatkan jaringan petani Core Indonesia.

"Kami melakukan survei dampak ekonomi digital terhadap petani. Ternyata adaptasi teknologi digital tidak berpengaruh sama sekali atau tidak berefek sama sekali terhadap petani kecil," kata Andreas dalam diskusi media Refleksi Ekonomi Akhir Tahun 2021, Rabu (29/12/2021).

Andreas menemukan, petani dengan lahan sempit atau kurang dari 0,5 hektar justru tidak menikmati dampak dari adaptasi teknologi digital.

Kelompok petani yang lebih tinggi dengan lahan lebih dari 0,5 hektar tercatat hanya 4,76 persen yang memanfaatkan ekonomi digital. Hal ini memberikan jawaban bahwa petani kecil kurang menikmati digitalisasi.

Adapun jaringan petani yang dilibatkan dalam survei adalah Asosiasi Bank Benih dan Teknologi Tani Indonesia (AP2TI). Para petani tersebar di 90 kabupaten dan 20 Provinsi di Indonesia.

"Ada 90 kabupaten di 2 provinsi dan terdiri dari petani kecil. Jadi akhir tahun 2019 lalu kami survei, petani dengan lahan sempit tidak merasakan dampak ekonomi digital," bebernya.

Lebih lanjut, petani yang lebih tinggi mendapat manfaat lebih banyak dari digitalisasi. Petani yang bergerak di pengolahan hasil pertanian misalnya,ada sekitar 14,29 persen yang memanfaatkan digitalisasi.

Kemudian kelompok organisasi dan koperasi yang membantu memasarkan produk petani memanfaatkan ekonomi digital sebesar 28,57 persen. Sedangkan pedagang dengan tujuan mendapat keuntungan bagi mereka sendiri mendapat manfaat paling besar, yakni sekitar 42,86 persen.

"Ketika muncul berbagai pemain baru di dunia pertanian, dengan slogannya melindungi petani, memotong rantai pasok, itu tidak dinikmati petani kecil sama sekali. Itu termasuk (kategori) pedagang dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan bagi mereka sendiri," tandas Andreas.

https://money.kompas.com/read/2021/12/29/214200326/survei-core--transformasi-digital-tak-berefek-kepada-petani-kecil

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke