Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Iklan Octa FX Masih Berseliweran, Bappebti Minta Artis Stop Promosi "Binary Option" di Medsos

Padahal, pemerintah melalui Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) memastikan, opsi biner atau binary option merupakan kegiatan yang dilarang di Indonesia, sehingga seluruh platform kegiatan itu dipastikan ilegal.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Biro Peraturan Perundang-undangan dan Penindakan Bappebti Aldison Karorundak meminta kepada artis atau tokoh publik untuk menghentikan kegiatan promosi yang berkaitan dengan platform binary option.

"Terkait artis-artis yang terlibat dalam mempromosikan itu, kami imbau dulu untuk saat ini segera menghentikan kegiatannya, karena itu kegiatan ilegal," ujar dia, dalam media briefing Satgas Waspada Investasi, Senin (21/2/2022).

Aldison menjelaskan, Octa FX merupakan platform binary option asal luar negeri, yang tidak memiliki izin operasi dari Bappebti.

Sehingga dapat dipastikan platform tersebut ilegal keberadannya. Bappebti bekerjasama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika juga telah berulang kali melakukan penutupan atau pemblokiran terhadap Octa FX.

"Masalahnya klasik, itu selalu kembali muncul," katanya.

Aktif blokir situs binary option

Oleh karenanya, Bappebti telah berkoordinasi dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika untuk secara aktif melakukan pemblokiran terhadap platform atau aplikasi binary option yang masih saja bermunculan.

"Selanjutnya tentu akan berproses, karena Bappebti akan juga memiliki kewenangan untuk melakukan penindakan khususnya dalam ranah perundang-undangan perdagangan berjangka," tuturnya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Satgas Waspada Investasi (SWI) Tongam L. Tobing mengatakan, untuk mencegah masyarakat alami kerugian, pihaknya telah memblokir dan menginformasikan kepada masyarakat, platform binary option seperti Octa FX ilegal keberadaannya.

"Karena ini memang dia broker tidak ada izin di sini," ucap dia.

https://money.kompas.com/read/2022/02/21/180000726/iklan-octa-fx-masih-berseliweran-bappebti-minta-artis-stop-promosi-binary

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke