Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tertarik Buka Bisnis Sampingan, Berikut 3 Rekomendasinya

KOMPAS.com - Di tengah kondisi ekonomi yang sulit akibat pandemi Covid-19, tak sedikit karyawan memutuskan untuk membuka bisnis sampingan.

Sebab, mereka paham bahwa memenuhi kebutuhan hidup tidak akan cukup jika hanya mengandalkan gaji bulanan. Terlebih bagi karyawan yang memiliki tanggungan, seperti cicilan dan kebutuhan keluarga.

Selain untuk mendapatkan penghasilan tambahan, bisnis sampingan ternyata memiliki beberapa keuntungan lho.

Ingin tahu apa saja keuntungan tersebut? Melansir Lifehack.org, berikut tiga keuntungan yang didapatkan jika memiliki bisnis sampingan.

1. Menjadi manajer di perusahaan sendiri

Bekerja sebagai karyawan di perusahaan, mengharuskan Anda setiap hari harus melaporkan semuanya kepada atasan. Hal ini berbanding terbalik ketika memiliki usaha bisnis sampingan sendiri.

Ketika memiliki bisnis sampingan sendiri, Anda dituntut untuk mengatur segala urusan secara mandiri. Baik itu, urusan produksi, distribusi, strategi pemasaran hingga mengelola media sosial bisnis sampingan.

2. Menambah pengalaman bekerja

Jika sudah bisa memimpin bisnis sampingan dengan lebih baik, Anda bisa menjadikan ini sebagai salah satu pengalaman dalam resume pribadi.

Pengalaman tersebut bisa membantu Anda menapaki karier sebagai manajer di perusahaan lain karena sudah memiliki bekal dasar dalam memanajemen sebuah usaha, meski hanya bisnis sampingan.

3. Meningkatkan kebahagiaan

Apabila bisnis sampingan sudah menjadi aktivitas harian, terlebih yang dilakukan sesuai bakat dan hobi, maka hal ini dirasa tidak memberatkan. Justru sebaliknya, bisnis sampingan akan menimbulkan kebahagiaan.

Misalnya saja, menghabiskan waktu di kantor seringkali menjadi rutinitas yang cukup melelahkan. Namun, di sisi lain Anda punya tanggung jawab dari pekerjaan yang disuka, yaitu mengelola bisnis sampingan.

Dari keuntungan di atas bisa disimpulkan bahwa memiliki bisnis sampingan tak hanya membantu meningkatkan pendapatan, tetapi juga membuat Anda dapat memaksimalkan waktu dengan baik.

Apakah tertarik memiliki bisnis sampingan? Sebelum melangkah lebih jauh, alangkah lebih baik Anda mengetahui ide bisnis apa yang bisa dikembangkan dan menghasilkan untung banyak.

Melansir Kompas.com, Minggu (2/1/2022), terdapat tiga ide bisnis sampingan yang diklaim menghasilkan laba cukup menggiurkan.

1. Jasa les privat

Ada banyak usaha di bidang pendidikan yang mempunyai prospek bagu, salah satunya seperti membuka jasa les privat.

Meski sudah sejak dulu ada, jasa mengajar di rumah semakin dibutuhkan untuk mendukung nilai akademik siswa. Apalagi selama pandemi Covid-19, siswa diharuskan mengikuti pembelajaran jarak jauh.

Dengan menggunakan jasa les privat, orangtua bisa mendukung anak yang kurang tanggap belajar belajar secara mandiri di rumah.

Nah, dari peluang yang besar itu, Anda bisa membuka bisnis sampingan berupa jasa les privat.

Tenang, tidak harus terjun langsung untuk mengajar les, kok. Anda bisa membentuk sebuah tim pengajar dan menghubungkan mereka dengan anak didik yang membutuhkan les privat.

2. Kuliner khusus take away dan delivery

Membuka restoran mungkin membutuhkan modal yang cukup besar karena harus menyediakan fasilitas di dalamnya.

Namun, jangan pernah menyerah karena dengan modal minim Anda bisa memulai bisnis sampingan di bidang kuliner yang khusus melayani take away dan delivery.

Santai saja apabila belum memiliki pegawai untuk melakukan pesan-antar, karena Anda bisa memanfaatkan platform food shopping yang sudah banyak tersedia.

3. Affiliate marketing

Bisnis sampingan terakhir yang patut dilirik adalah affiliate marketing atau pemasaran afiliasi. Usaha ini diklaim sebagai salah satu cara tercepat untuk menghasilkan uang secara online.

Mengutip Gramedia.com, pemasaran afiliasi dapat didefinisikan sebagai salah satu metode pemasaran digital. Seseorang akan mendapatkan penghasilan ketika terjadinya penjualan terhadap suatu produk maupun jasa yang dipromosikan melalui link afiliasi yang telah dibuat.

Untuk mencari cuan lewat affiliate marketing, Anda harus mendaftarkan diri ke suatu perusahaan website afiliasi yang nantinya akan mendapat sebuah link afiliasi.

Kemudian promosikan link tersebut di beberapa platform, seperti website atau blog, sosial media (sosmed), hingga forum-forum online. Apabila ada seseorang yang melakukan klik melalui link ini lalu memilih pembelian, maka Anda akan mendapatkan komisi.

Nilai komisi atau bayaran yang diberikan pun sangat bervariasi, ini tergantung dari produk atau jasa yang Anda jual.

Bagaimana? Apakah sudah menentukan ide bisnis sampingan yang ingin digeluti?

Cara dapatkan modal bisnis

Soal kendala modal dalam memulai bisnis sampingan tidak perlu dipusingkan, karena Anda bisa mengandalkan pinjaman online (pinjol) Kredit Pintar.

Kredit Pintar merupakan pinjol yang telah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan telah memenuhi persyaratan sesuai ketetapan.

Kredit Pintar pun tak hanya menjadi solusi Anda, tetapi juga berusaha untuk mengedukasi agar #PintarBersama Cari Cuan dengan memberikan pinjaman tunai yang cocok sebagai modal usaha, terutama skala kecil.

Sebagai sumber modal usaha kecil, Kredit Pintar menawarkan berbagai produk pinjaman sesuai besaran dan lama tenor pinjaman. Pinjaman ini didapatkan mulai dari nominal Rp 600.000 hingga Rp 2.300.000.

Sementara itu, untuk lama tenor pinjaman di Kredit Pintar mulai dari 14 hari hingga tiga bulan. Pembayaran khusus tenor tiga bulan bisa dilakukan dengan di cicil.

Anda bisa mengajukan pinjaman dalam waktu 5 menit melalui proses pengajuan yang mudah. Hanya dengan menyiapkan Kartu Tanda Penduduk (KTP), Anda bisa meminjam dengan nominal hingga Rp 20 juta.

Pembayaran dapat dilakukan setiap 28 hari atau melalui metode cicilan dengan tenor beragam, mulai dari tiga hingga 12 bulan.

Tak perlu khawatir jika sewaktu-waktu terjadi kendala, Anda dapat menghubungi customer service di berbagai channel Kredit Pintar. Layanan ini akan membantu permasalahan nasabah saat transaksi maupun saat pembayaran dilakukan.

Jadi tunggu apa lagi? Segera unduh aplikasi Kredit Pintar di smartphone Anda untuk menemukan solusi keuangan yang tepat dan cepat.

Anda bisa memiliki kesempatan untuk meraih potongan pembayaran, voucher, dan pulsa dengan meningkatkan skor pinjaman di Kredit Pintar.

Informasi mengenai edukasi finansial serta update terbaru bisa didapatkan dengan mengunjungi blog Kredit Pintar serta akun Instagram @kreditpintar.

https://money.kompas.com/read/2022/03/16/090000326/tertarik-buka-bisnis-sampingan-berikut-3-rekomendasinya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke