Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jelang Mudik, ASDP Andalkan Sistem Tiket Elektronik untuk Urai Antrean di Pelabuhan

ASDP mencatat menjelang Lebaran, biasanya ada dua rute yang rawan menimbulkan antrean panjang yakni jalur Merak-Bakauheni dan Ketapang-Gilimanuk.

Direktur Utama ASDP Ira Puspadewi mengatakan, dengan adanya e-ticketing yang sudah dikelola sejak 2017 harapannya antrean yang biasa terjadi selama arus Lebaran dapat dikelola dengan baik.

"Sosialisasi memang masih berjalan. Namun, kalau sedang high session ada saja masyarakat yang belum tahu kalau sudah tidak bisa beli tiket langsung di pelabuhan. Padahal sudah tiga tahun dilaksanakan," terang Ira dalam Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi VI DPR RI Selasa (29/3/2022).

Ia menjelaskan, sejak tahun 2018 ASDP telah beralih ke pembayaran cashless. Sekarang, pihaknya juga mengembangkan pemesanan tiket pre-journey. Sehingga, tidak ada lagi antrean orang membeli tiket di pelabuhan.

"Kami ada 34 pelabuhan, hampir semuanya telah diberlakukan digitalisasi dengan tiket digital. Harapannya, antrean bisa dikelola lebih baik," ujar dia.

Ia menjabarkan, khusus untuk pelabuhan di Merak-Bakauheni dan Ketapang-Gilimanuk telah dikembangkan aplikasi Ferizy. Dengan adanya aplikasi ini, orang sudah harus memiliki tiket sebelum masuk pelabuhan dan tidak ada lagi pembayaran tunai.

"Kami berharap dengan sistem ini lebih lancar dan memang sudah terbukti lebih lancar terutama di pelabuhan utama yakni Merak-Bakauheni dan Ketapang-Gilimanuk," kata dia.

Namun demikian, aplikasi Ferizy belum dapat digunakan di semua pelebuhan. Untuk daerah lain, pemesanan dapat dilakukan digital lewat WhatsApp dan tiket Go Show. Namun, sistem pencatatannya tetap dilakukan secara digital.

"Sekarang tidak ada tiket sobekan lagi," tegas dia.

Saat ini aplikasi milik ASDP tersebut sudah terkoneksi dengan berbagai platfom dan dompet digital yakni Brizzi, Tapcash, Flazz, Dana, OVO, Link Aja, dan Shopeepay.

Berdasarkan laporan dia, digitalisasi ASDP sudah diberlakukan di 20 pelabuhan ASDP dan 9 pelabuhan non-ASDP. Sementara, ASDP saat ini melayani 290 rute pelayaran di Indonesia.

ASDP sendiri akan membuka layanan operasi posko untuk Lebaran sejak 22 April 2022 hingga 10 Mei 2022.

https://money.kompas.com/read/2022/03/29/165409326/jelang-mudik-asdp-andalkan-sistem-tiket-elektronik-untuk-urai-antrean-di

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke