Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Syarat dan Cara Daftar Mudik Gratis Kemenhub dan Jasa Raharja

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dan PT Jasa Raharja (Persero) menjadi salah satu yang mengadakan program mudik gratis 2022.

Kemenhub mengalokasikan kuota mudik gratis untuk 8.100 penumpang dan rencananya akan ditambah. Sementara, Jasa Raharja menyediakan kuota hingg 20.000 penumpang.

Dalam mudik gratis ini, Kemenhub akan menyiapkan 350 unit bus dan 34 unit truk khusus sepeda motor, sedangkan Jasa Raharja menyiapkan 10 unit bus dan 23 rangkaian kereta api.

Masyarakat dapat mengikuti program mudik gratis ini dengan menaati syarat mudik dari pemerintah, yaitu vaksinasi Covid-19 booster.

Apabila masyarakat baru melakukan vaksin dosis 1 maka diwajibkan melampirkan hasil negatif tes RT-PCR, sedangkan bagi yang sudah vaksin dosis 2 wajib melampirkan hasil tes Antigen atau RT-PCR.

Untuk memahami syarat dan cara pendaftaran mudik gratis baik di Kemenhub maupun Jasa Raharja, simak penjabaran berikut ini karena masing-masing memiliki ketentuan yang berbeda.

1. Mudik Gratis Hubdat 2022

Direktorat Jenderan Perhubungan Darat Kemenhub membuka pendaftaran mudik gratis pada 10-24 April 2022 dan akan ditutup jika kuota sudah habis.

Kemenhub hanya menyiapkan mudik gratis 2022 tujuan ke Jawa Tengah dan Jawa Barat. Sebab, dari survei Kemenhub menunjukkan, pemudik terbanyak itu tujuannya ke Jawa Tengah.

Syarat dan cara daftar mudik gratis 2022 Kemenhub

Syarat untuk mudik gratis 2022 ini yaitu wajib memiliki dokumen sah kependudukan seperti KTP dan KK, sertifikat vaksin, dan STNK jika mudik dengan motor.

Berikut cara datar mudik gratis Hubdat 2022:

  1. Mengakses laman www.mudikhubdat2022.com
  2. Daftar dengan klik menu Daftar Mudik
  3. Baca dengan teliti syarat dan ketentuan, lalu klik Lanjut Daftar.
  4. Isi Data peserta dengan lengkap dan benar. Jika sudah, klik Kirim Data Peserta.
  5. Pada menu Pilih Jadwal, pilih lokasi keberangkatan dan tujuan mudik.
  6. Pilih tipe mudik dan pilih opsi sesuai yang diinginkan.
  7. Cek kembali pilihan yang sudah diisi, jika sudah sesuai klik Kirim dan Simpan QR Code.

Selanjutnya, calon pemudik dapat membawa QR e-tiket beserta data pendukung lainnya (KTP, Kartu Keluarga/KK, Bukti Vaksin) ke lokasi registrasi untuk mendapatkan nomor bus.

Calon pemudik dalam mudik gratis 2022 kemudian dapat berangkat sesuai dengan lokasi pemberangkatan dan tujuan sesuai nomor bus.


2. Mudik gratis Jasa Raharja 2022

Jasa Raharja membuka pendaftaran mudik gratis 2022 mulai 9 April hingga 15 April 2022 pukul 09.00-15.00 WIB.

Waktu pemberangkatan mudik gratis dengan armada bus akan dilaksanakan pada 27 April 2022 titik kumpul di Gelora Bung Karno sedangkan kereta api dimulai 27 April-1 Mei 2022 di Stasiun Pasar Senen dan Stasiun Jakarta Kota.

Kota tujuan mudik gratis Jasa Raharja untuk armada bus yaitu Surabaya, Malang, Yogyakarta, Semarang, Wonogiri, Sragen, Kuningan Cirebon, Purwokerto, Pati, Magelang, dan Ngawi-Madiun.

Sementara untuk mudik gratis Jasa Raharja menggunakan kereta api, kota tujuannya yaitu Semarang, Solo, D.I Yogyakarta, Malang, dan Surabaya.

Persyaratan umum

  • Harus mempunyai sepeda motor dan SIM C.
  • Satu orang pendaftar maksimal 4 orang dewasa (d iatas tiga tahun).
  • Pendaftar dan calon peserta harus mempunyai hubungan keluarga dengan dibuktikan oleh Kartu Keluarga/KK atau Surat Nikah atau Akta Lahir.
  • Satu orang pendaftar maupun peserta hanya boleh terdaftar satu kali.

Persyaratan penunjang

Siapkan data penunjang untuk verifikasi yang harus diunggah dengan format JPG atau PNG, yaitu:

  • KTP dan SIM C yang masih berlaku atas nama sendiri (pendaftar).
  • Nama KTP dan SIM C harus sama.
  • STNK Sepeda Motor
  • Kartu Keluarga atau Surat Nikah atau Akta Lahir (salah satu) atau identitas seperti kartu pelajar bagi yang belum punya KTP
  • Sertifikat Vaksin untuk masing-masing calon peserta mudik.

Cara daftar mudik gratis Jasa Raharja

Setelah menyiapkan berbagai syarat yang sudah disebutkan di atas, simak cara pendaftaran berikut ini yang bisa dilakukan secara daring.

Pendaftaran mudik gratis Jasa Raharja dapat dilakukan melalui aplikasi JRku yang dapat diunduh secara gratis di smartphone masing-masing. Kemudian pilih menu Mudik 2022 dan ikuti instruksi selanjutnya.

Masyarakat juga dapat melakukan pendaftaran melalui website mudik.jasaraharja.co.id. Pilih menu Ambil Token lalu ke menu Pendaftaran Mudik. Masyarakat juga dapat mengecek status pendaftarannya di webiste ini.

Itulah syarat dan cara pendaftaran mudik gratis Hubdat 2022 dan mudik gratis Jasa Raharja 2022. Masyarakat juga dapat mencari informasi mudik gratis di instansi atau badan usaha lainnya.

https://money.kompas.com/read/2022/04/12/170000526/syarat-dan-cara-daftar-mudik-gratis-kemenhub-dan-jasa-raharja

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke