Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Intip Daftar Tunjangan Kinerja Pejabat dan PNS Kemenhub

Ketentuan tunjangan kinerja Kemenhub 2023 masih mengacu pada ketentuan sebelumnya mengingat belum ada kenaikan tukin dalam beberapa tahun terakhir.

Daftar tunjangan kinerja Kementerian Perhubungan yang diberikan per bulan berbeda-beda untuk masing-masing individu. Hal ini tergantung pada kelas jabatan PNS Kemenhub.

Berdasarkan regulasi yang berlaku, besaran tukin Kemenhub berkisar antara Rp 2,53 juta untuk kelas jabatan terendah hingga Rp 33,24 juta untuk kelas jabatan tertinggi.

Ketentuan berbeda berlaku untuk Menteri Perhubungan (Menhub) yang tiap bulan mendapatkan tukin lebih besar dari besaran tukin PNS Kemenhub pada umumnya.

Aturan tunjangan kinerja Kemenhub 2023

Regulasi yang menetapkan daftar tunjangan kinerja Kementerian Perhubungan yang berlaku saat ini masih mengacu pada aturan yang terbit tahun 2018.

Aturan tersebut adalah Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 119 Tahun 2018 tentang Tunjangan Kinerja Pegawai di Lingkungan Kementerian Perhubungan.

Pasal 2 regulasi itu berbunyi, pegawai di Lingkungan Kementerian Perhubungan, selain diberikan penghasilan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan, diberikan tunjangan kinerja setiap bulan.

Adapun tukin PNS Kemenhub diberikan setelah mempertimbangkan penilaian reformasi birokrasi, capaian kinerja organisasi, dan capaian kinerja.

Lebih lanjut, Pasal 6 aturan ini memandatkan, Menteri Perhubungan yang mengepalai dan memimpin Kementerian Perhubungan diberikan tunjangan kinerja sebesar 150 persen dari tunjangan kinerja tertinggi di Lingkungan Kementerian Perhubungan.

Sementara itu, Pajak Penghasilan atas tunjangan kinerja Kementerian Perhubungan dibebankan pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).


Rincian tukin Kemenhub

Berikut rincian tunjangan kinerja Kementerian Perhubungan per bulan pada masing-masing kelas jabatan PNS Kemenhub:

Sementara itu,berdasarkan ketentuan pada aturan ini maka maka Menteri Perhubungan yang saat ini dijabat oleh Budi Karya Sumadi mendapatkan besaran tukin sebesar 150 persen dari Rp 33.240.000, yaitu Rp 49.860.000 atau Rp 49,8 juta per bulan.

Demikian informasi mengenai informasi dan besaran tunjangan kinerja pejabat dan PNS Kemenhub.

https://money.kompas.com/read/2022/04/17/162637026/intip-daftar-tunjangan-kinerja-pejabat-dan-pns-kemenhub

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke