Salin Artikel

Gubernur BI: Tanpa G20 Setiap Negara Akan Mengambil Kebijakan Berdasarkan Kepentingan dalam Negeri

Selain normalisasi kebijakan moneter, perekonomian global juga masih menghadapi tantangan dari perang Rusia dengan Ukraina, yang berimbas kepada naiknya harga berbagai komoditas, sehingga terjadi inflasi tinggi di berbagai negara dunia.

Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo mengatakan, untuk merespons tantangan-tantangan tersebut, bank sentral negara anggota G20 didorong untuk menyusun suatu rencana yang terkalibrasi dengan baik.

Dengan adanya kebijakan bank sentral yang terkalibrasi, Perry bilang, otoritas masing-masing negara dapat menyesuaikan kebijakan yang dibuat, dengan mempertimbangkan juga kondisi inflasi dan pertumbuhan global.

"Ini sangat penting dan ini lah peran yang dijalankan oleh G20. Tanpa G20 setiap negara akan mengambil kebijakan masing-masing, hanya berdasarkan kepentingan dalam negerinya," ujar dia dalam konferensi pers 2nd FMCBG Meeting, Kamis dini hari, (21/4/2022).

"Namun di bawah G20, diskusi disambungkan dengan kepentingan global dan juga memperhitungkan dampak dari satu negara pada negara lain," tambah Perry.

Selain itu, Perry menekankan, pentingnya diskusi ke depan mengenai kebijakan yang akan diambil masing-masing negara, untuk menciptakan panduan bagi negara lainnya.

"Panduan seperti ini sangat penting agar negara-negara dan pasar dapat memperhitungkan, mengantisipasi dalam strateginya sendiri," kata dia.

Terakhir, negara anggota G20 didorong untuk membangun komunikasi yang baik, sehingga dapat direspons denga baik pula oleh negara atau para pemangku kepentingan lain.

"Ini adalah G20, di mana normalisasi pembuatan kebijakan di tengah situasi yang menantang sangat penting agar terkalibrasi dengan baik, terencana dengan baik, dan terkomunikasikan dengan baik," ucapnya.

https://money.kompas.com/read/2022/04/21/121100426/gubernur-bi--tanpa-g20-setiap-negara-akan-mengambil-kebijakan-berdasarkan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.