Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tren Belanja Bikin Jumlah Sampah Meningkat, Blibli Ajak Pelanggan Ikut Daur Ulang Sampah

Kondisi ini juga terlihat pada meningkatnya transaksi di Blibli hingga lebih dari 80 persen dibandingkan hari biasa.

Hal ini pun turut membuat peningkatan akan jumlah sampah dari paket-paket belanja, baik secara online maupun offline.

Di tengah momentum menjelang Lebaran yang juga bertepatan dengan peringatan Hari Bumi, Blibli kembali mengajak pelanggannya untuk berpartisipasi dalam program Blibli Cinta Bumi.

VP of Public Relations Blibli Yolanda Nainggolan mengatakan, program Blibli Cinta Bumi sudah diinisiasi sejak awal tahun 2020. Program ini ingin mengajak pelanggan Blibli berpartisipasi aktif untuk mengurangi sampah, dengan mengembalikan kemasan kardus dan plastik melalui kurir BES.

"Sampah yang dikembalikan tersebut kemudian didaur ulang menjadi kardus baru atau paper filler dalam proses pengemasan," ujar Yolanda dalam siaran resminya dikutip Kompas.com, Jumat (29/4/2022).

Gerakan Blibli Cinta Bumi

Menurut Yolanda, gerakan Blibli Cinta Bumi ini menunjukkan pertumbuhan signifikan pada partisipasi pelanggan.

Yolanda membeberkan, jumlah sampah kemasan yang dikembalikan pelanggan pada kuartal pertama 2022 bertumbuh hingga 5 kali lipat dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Hal ini menjadi apresiasi sekaligus motivasi bagi Blibli untuk secara konsisten terus mengembangkan program Blibli Cinta Bumi.

"Kami juga akan terus memfasilitasi pengembalian kardus dari pelanggan dengan jangkauan lebih luas lagi," kata Yolanda.


Lokasi drop off sampah kemasan

Menurutnya, meningkatnya partisipasi pelanggan dalam program Blibli Cinta Bumi menunjukkan tingginya kesadaran masyarakat terhadap isu lingkungan.

Yolanda menambahkan, aktivitas ini juga merupakan gerakan untuk mengajak pelanggan menerapkan daya hidup 6R yaitu Reduce, Reuse, Recycle, Refuse, Remove, dan Rally, untuk melengkapi aksi mengurangi sampah kertas dan plastik dalam menjaga kelestarian bumi.

Adapun program Blibli Cinta Bumi menyediakan beberapa lokasi drop off sampah kemasan di beberapa wilayah Jabodetabek, yaitu Gedung Slipi (Blibli Office), Gedung Slipi 2 (Djarum), Blibli Return Center Cawang, WTC Mangga Dua, Gedung Sarana Jaya, dan BSD Junction.

"Mengembalikan kardus dan plastik bekas kemasan untuk dapat didaur ulang sebagai produk dengan kemanfaatan baru akan memberikan nilai tambah pada sampah tersebut. Secara tidak langsung hal ini juga berkontribusi pada rasa memiliki dan apresiasi diri karena ikut berperan dalam aksi cinta bumi," kata Yolanda.

https://money.kompas.com/read/2022/04/29/100000326/tren-belanja-bikin-jumlah-sampah-meningkat-blibli-ajak-pelanggan-ikut-daur

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke