Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

PTPP Garap 3 Proyek Besar di Jakarta, Gedung Kejagung hingga Renovasi TMII

Jajaran Komisaris dan Direksi PTPP pun meninjau langsung progres pembangunan ketiga proyek tersebut pada Rabu (11/5/2022) kemarin.

Presiden Komisaris PTPP Andi Gani Nena Wea mengatakan, pada proyek pembangunan Gedung IT Mandiri targernya rampung di Desember 2023 dengan durasi masa pemeliharaan selama 12 bulan.

Proyek yang dimiliki oleh PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (BMRI) ini memiliki nilai kontrak sebesar Rp 820 miliar termasuk PPN.

"Sampai dengan awal Mei 2022, progress pembangunan proyek Gedung Mandiri IT Bumi Slipi telah mencapai 3,43 persen," kata Andi dalam keterangan tertulis, Kamis (12/5/2022).

Gedung IT Mandiri ditargetkan untuk memenuhi standar green building yang disertifikasi oleh lembaga Green Building Council Indonesia (GBCI) dengan peringkat Gold.

Adapun lingkup pekerjaan pembangunan proyek itu, antara lain pekerjaan design development dan perizinan, pekerjaan struktur, pekerjaan landscape, pekerjaan arsitektur dan interior, hingga pekerjaan Mechanical Electrical Plumbing (MEP) dan penyambungan.

Pembangunan Gedung IT Mandiri yang berlokasi di Jakarta Barat tersebut, dibangun di atas lahan seluas 11.303 meter persergi. Gedung yang direncanakan dibangun setinggi 32 lantai ini memiliki luas total bangunan 70.028 meter persergi.

Proyek kedua yang dimiliki PTPP yakni pembangunan Gedung Utama Kejaksaan Agung di Jakarta Selatan dengan nilai kontrak sebesar Rp 549 miliar. Proyek dengan luas bangunan 43.669 meter persegi ini ditargetkan rampung pada akhir tahun 2022.

Gani menjelaskan, lingkup pekerjaan proyek tersebut, antara lain pekerjaan perijinan, pekerjaan struktur, pekerjaan arsitektur, hingga pekerjaan MEP. Hingga akhir April 2022 progres pembangunan proyek ini telah mencapai 57,98 persen, lebih cepat dari yang ditargetkan.

"Gedung Utama Kejaksaan Agung ini nantinya akan memiliki 3 tower dan dilengkapi dengan kaca anti peluru," jelasnya.


Terakhir, adalah proyek penataan dan renovasi di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) yang berlokasi di Jakarta Timur. Proyek ini meliputi pekerjaan penataan area gerbang utama, renovasi gedung serabaguna Sasono Utomo, Langen Budoyo, dan Sasono Adiguno.

Proyek dengan total luas bangunan 59.907 meter persegi tersebut, ditargetkan dapat diselesaikan pada akhir tahun 2022 dengan masa pemeliharaan selama 180 hari. Adapun hingga awal Mei 2022, progres penataan dan renovasi TMII telah mencapai 14,80 persen.

"Kami melihat ketiga proyek yang kami kunjungi ini memiliki progress yang berjalan dengan baik terutama di masa pandemi Covid-19 ini," kata Gani.

Ia berharap ketiga proyek tersebut dapat diselesaikan sesuai dengan waktu yang ditargetkan dan dengan kualitas terbaik. Gani juga berharap, agar ketiga proyek itu dapat terus meningkatkan inovasi di dalam setiap proses kegiatan pembangunan proyek.

"Tidak lupa juga agar tim proyek terus meningkatkan performance K3 di dalam setiap kegiatan. Pembangunan proyek Gedung IT Mandiri Bumi Slipi telah memiliki standar yang sangat tinggi sehingga dapat dijadikan contoh untuk dapat diterapkan di proyek-proyek lainnya," pungkasnya.

https://money.kompas.com/read/2022/05/12/124836526/ptpp-garap-3-proyek-besar-di-jakarta-gedung-kejagung-hingga-renovasi-tmii

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke