Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Simak 3 Tips agar UMKM Tembus Pasar Global

Senior Vice President Digital Ecosistyem Project XPora BNI J. Donny Bima Herjuno membeberkan setidaknya ada 3 tips yang bisa dilakukan UMKM jika ingin tembus pasar global.

"Pertama kunci sukses UMKM go global adalah semuanya harus ada informasi. Untuk dapat informasi UMKM harus rajin mengakses informasi atau bisa juga mengikuti pelatihan-pelatihan ekspor go global," ujarnya dalam Bronis UMKM : Tips UMKM Bisa Tembus Pasar Ekspor yang disiarkan Kompas.com lewat akun Instagramnya, Kamis (30/6/2022).

Donny menjelaskan di tengah pandemi seperti saat ini, banyak sekali pembelajaran online yang bisa diikuti oleh UMKM. Baik lewat kanal youtube, instagram hingga diskusi webinar.

"Bisa cari ilmu dari situ berbagai hal, bagaimana mempersiapkan menjadi seorang eksportir, bagaimana membuat produk, hingga bagaimana akses ke pasar global," jelasnya.

Tips yang kedua adalah miliki produk yang spesial yang dijagokan.

Menurut dia dengan memiliki produk yang dijagokan, biasanya UMKM bisa lebih fokus untuk mengembangkan produk jagoannya tersebut. "Produk yang dijagokan tersebut juga harus dilihat apakah benar-benar si UMKM bisa menguasainya? Paham cara buatnya dan apakah dibutuhkan pasar?," bebernya.

Tips yang ketiga dalah ikuti komunitas yang berpeluang membuka akses pasar.

Donny mengatakan, saat ini sudah banyak jaringan komunitas yang membantu UMKM atau anggotanya untuk berkembang.

Dia menyebutkan, komunitas ini bisa didapatkan entah darimana saja. Bisa lewat kanal kementerian hingga perusahaan BUMN.

"Seperti BNI misalnya. Kita ada program Xpora BNI yang membantu UMKM anggota kita bisa membukakan mereka ke pasar yang lebih luas lagi, ke pasar global," pungkasnya.

https://money.kompas.com/read/2022/06/30/193000126/simak-3-tips-agar-umkm-tembus-pasar-global

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke