Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Sandiaga: UMKM Bisa Tangkap Peluang Pembangunan IKN, Asal Tingkatkan 2 Hal Ini

Hal ini dapat dilakukan dengan meningkatkan inovasi dan kreativitas terhadap produk serta promosi melalui digitalisasi.

Hal tersebut ia sampaikan dalam acara "Workshop Peningkatan Inovasi dan Kewirausahaan Kota Balikpapan, Kabupaten/Kota (KaTa) Kreatif Indonesia" di Pendopo Wali Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, Minggu (24/7/2022).

"Kita bisa melihat dampak dari pembangunan IKN mulai menggeliat, ada peningkatan ekonomi karena banyak kunjungan dari penyiapan IKN. Ini adalah buah dari kerja keras bapak Presiden Jokowi 8 tahun terakhir, termasuk di Balikpapan," kata dia dalam siaran pers Senin (25/7/2022).

Ia menambahkan, pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif khususnya pelaku UMKM harus memaksimalkan dan menangkap peluang tersebut dengan meningkatkan inovasi dan promosi terhadap produk.

Sandiaga bilang, sebelumnya telah dilakukan uji petik untuk menetapkan subsektor ekonomi kreatif unggulan di Balikpapan agar dapat dikembangkan dengan lebih optimal.

Subsektor unggulan: aplikasi dan gim

Adapun, subsektor aplikasi dan gim telah terpilih sebagai subsektor unggulan.

"Namun masih banyak PR (pekerjaan rumah), tadi kita dengar langsung dari para pelaku ekonomi kreatif, mereka ingin diberikan bantuan karena sekarang harga-harga meningkat, biaya hidup juga terangkat, dan lapangan kerja masih sulit didapat," terang dia

"Ini yang menjadi PR buat kita, saya berkomitmen atas arahan dari Komisi X DPR RI bahwa Kemenparekraf harus hadir di tengah masyarakat dengan kegiatan yang tepat sasaran, tepat manfaat, dan tepat waktu," imbuh dia.

Kuliner, fesyen, kriya berpeluang tumbuh 

Tidak hanya untuk subsektor gim, Sandiaga bilang, subsektor lainnya seperti kuliner, fesyen, dan kriya diharapkan menjadi lokomotif pertumbuhan ekonomi di Balikpapan.

"Kita dorong pembangunan ekosistem ekonomi kreatif agar pelaku bisa meningkatkan usaha. Dan terbukti, pelaku usaha yang disentuh kebijakan pemerintah dapat meningkatkan peluang usahanya dengan baik," tutup dia.

https://money.kompas.com/read/2022/07/25/130000326/sandiaga--umkm-bisa-tangkap-peluang-pembangunan-ikn-asal-tingkatkan-2-hal-ini

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke