Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Penguatan Investor Ritel Bisa Jadi Kunci Penggerak Ekonomi Indonesia

JAKARTA, KOMPAS.com - Pertumbuhan investor ritel di pasar modal dan aset kripto dipercaya dapat menjadi penggerak ekonomi di Indonesia.

Chief of Special Projects Pluang Ronny Hutahayan mengatakan, investor ritel di tanah air berkembang pesat terutama pada instrumen seperti aset kripto dan pasar modal.

Ia mengungkapkan, saat ini jumlah Investor ritel di pasar kripto sudah mencapai 12 juta. Sedangkan, jumlah investor ritel di pasar modal sebanyak 7,5 juta orang.

"Penguatan investor ritel bisa jadi kunci penggerak perekonomian nasional," ujarnya dalam diskusi publik Transformasi Digital sebagai Pendorong Pertumbuhan Literasi Keuangan di Menara Kadin Indonesia, Jakarta, Rabu (31/8/2022).

Lebih lanjut, ia menjelaskan, profil investor ritel saat ini di rata-rata berusia di bawah 30 tahun atau generasi Z dan milenial.

Sementara, dari segi penghasilan, rata-rata investor ritel memiliki gaji hingga Rp 15 juta per bulan. Adapun, investor ritel tersebut merupakan pemula dengan pengalaman berinvestasi di bawah 3 tahun.

Sementara dalam hal preferensi konsumen, Ronny menyampaikan, ada pergeseran signifikan yang terjadi.

Contohnya, dulu konsumen membeli reksa dana dan obligasi menggunakan jalur tradisional melalui bank, sekuritas, dan manajer investasi. Sementara sekarang, konsumen banyak yang beli lewat platform aplikasi digital.

"Sekarang beralih ke aplikasi online," imbuh dia.

Lebih lanjut, Ronny menambahkan, pemilik aplikasi online sebagai platform digital harus berperan dalam meningkatkan literasi keuangan bagi investor ritel tersebut.

"Dalam hal mendorong literasi keuangan, kami miliki hipotesis tersendiri, kami lihat ada peran penting platform multi aset sebagai one stop solution atau superapp. Ini mempermudah masyarakat untuk memahami produk investasi dan manajemen risiko," terang dia.

"Namun ada kendala infrastruktur dan pemahaman teknologi untuk investasi via digital, tapi paling utama adalah literasi pemahaman cara kerja investasi dan mana yang legal dan ilegal," tandas dia.

https://money.kompas.com/read/2022/09/01/082000726/penguatan-investor-ritel-bisa-jadi-kunci-penggerak-ekonomi-indonesia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke