Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cerita Bos Garuda Turunkan Utang Miliaran Dollar AS, dari Pangkas Sewa Pesawat hingga Rute Terbang

Irfan mengatakan, utang tersebut menjadi salah satu masalah perseroan yang disebabkan biaya sewa pesawat yang tinggi dan rute penerbangan tak optimal.

"Biaya sewa pesawat yang tinggi, dan di atas rata-rata market dan juga pengelolaan rute yang tidak optimal, jadi kita terbang ke banyak tempat dan waktu yang tidak terdefinisi dengan baik," kata Irfan dalam rapat dengar pendapat (RDP) dengan Komisi XI DPR di Gedung DPR, Jakarta, Senin (26/9/2022).

Tak hanya itu, kata Irfan, kondisi pandemi Covid-19 membuat biaya tetap (fixed cost) perusahaan sangat tinggi, namun pendapatan turun drastis.

"Penurunan pendapatan kita yang signifikan selama proses Pandemi Covid-19 kuartal pertama sebelum ada pandemi kondisi kita cukup baik sebenarnya, habis itu menurun sangat drastis dan mengalami titik jenuhnya di bulan April 2020," ujarnya.

Berdasarkan kondisi tersebut, Irfan mengatakan, pihaknya menyusun Business Plan di antaranya menurunkan biaya sewa pesawat mendekati tarif wajar, pemberlakuan power by the hour (PBH) atau membayar sewa pesawat yang digunakan dan pengelolaan rute penerbangan.

"Dalam pembuatan Business Plan tersebut ada 2 hal utama yang dibutuhkan Garuda dari pemerintah, pertama penambahan PMN sebesar 7,5 Triliun melalui Right Issue (HMETD) dan perubahan struktur kepemilikan sebagai akibat adanya konversi utang kreditur dalam skema perjanjian PKPU," tuturnya.

Lebih lanjut, Irfan mengatakan, Garuda pada periode semester I-2022 mencatatkan laba bersih sebesar 3,816 juta dollar AS atau Rp 57,28 triliun dengan asumsi kurs Rp 15.075 per dollar AS.

"Ini diakibatkan oleh hasil perjanjian perdamaian yang kita lakukan dalam PKPU. Jadi, 3,8 juta dollar AS ini diperoleh dari situ yaitu utang yang turun dari 10,1 miliar dollar AS menjadi sekitar 5 miliar dollar AS," ucap dia.

https://money.kompas.com/read/2022/09/26/210000026/cerita-bos-garuda-turunkan-utang-miliaran-dollar-as-dari-pangkas-sewa-pesawat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke