Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Dollar AS Terus Menguat, BI: Kami Mati-matian Stabilkan Nilai Tukar Rupiah

Gubernur BI Perry Warjiyo mengatakan, BI telah berupaya melakukan intervensi hingga cadangan devisa RI turun menjadi 130,8 miliar dollar AS pada akhir Oktober 2022.

Kendati demikian, BI akan menjaga agar cadangan devisa RI tidak turun lebih lanjut, yaitu dengan mencari cara agar devisa hasil ekspor (DHE) dapat menetap di dalam negeri lebih lama lagi.

"Kami tahun ini memang mati-matian untuk menstabilkan nilai tukar. Kami intervensi dalam jumlah yang besar, itu kenapa cadangan devisa kami turun dari 139,9 miliar dollar AS menjadi 130,1 miliar dollar AS," ujar Perry saat rapat kerja dengan Komisi XI DPR RI, Senin (21/11/2022).

Berdasarkan catatan BI, sampai dengan 16 November 2022 nilai tukar rupiah telah terdepresiasi 8,6 persen secara year to date (ytd).

Namun Perry bilang, dibandingkan dengan pelemahan mata uang lain, pelemahan nilai tukar rupiah ini relatif baik seperti depresiasi pada mata uang seperti Korea Selatan 10,30 persen dan Filipina 11,10 persen.

"Kami terus melakukan langkah-langkah yang mati-matian untuk melakukan stabilisasi nilai tukar rupiah supaya imported inflationnya itu tidak terlalu tinggi, stabilitas moneter terjaga, stabilitas sistem keuangan terjaga, kondisi korporasi juga baik, sehingga secara keseluruhan itu baik," tukas Perry.

Seperti diketahui, kuatnya dollar AS dan tingginya ketidakpastian pasar keuangan global memberikan tekanan pelemahan nilai tukar hampir seluruh mata uang dunia, termasuk nilai tukar rupiah.

Indeks nilai tukar dolar AS terhadap mata uang utama (DXY) tercatat 106,28 pada 16 November 2022 atau mengalami penguatan sebesar 11,09 persen (ytd) selama tahun 2022.

Sangat kuatnya dollar AS didorong oleh pengetatan kebijakan moneter yang agresif di AS dan penarikan modal dari berbagai negara ke AS, di tengah melemahnya ekonomi dan tingginya inflasi di Eropa.

Pada saat bersamaan, tingginya ketidakpastian pasar keuangan global masih terus berlanjut.

https://money.kompas.com/read/2022/11/21/215000526/dollar-as-terus-menguat-bi--kami-mati-matian-stabilkan-nilai-tukar-rupiah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke