Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ingin Sanksi PKU Dicabut, Kresna Life Tawarkan Skema Pembayaran ke Pemegang Polis

Langkah ini disebut sebagai kunci penyehatan keuangan Kresna Life agar sanksi pembatasan kegiatan usaha (PKU) perusahaan dapat dicabut.

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sendiri diketahui telah menjatuhkan sanksi PKU selama lebih dari 2 tahun.

Dalam sebuah surat permohonan kepada pemegang polis, Direktur Utama Kresna Life Kurniadi Sastrawinata mengatakan, Kresna Life telah menyampaikan rencana penyehatan keuangan (RPK) kepada OJK pada 30 Desember 2022.

Harapannya, RPK tersebut dapat membuat sanksi PKU dapat dicabut dan perusahaan dapat melanjutkan proses penyelesaian kewajiban kepada pemegang polis.

"Satu-satunya strategi utama saat ini yang dapat ditempuh pada RPK adalah program konversi kewajiban pemegang polis menjadi pinjaman subordinasi (program konversi). Tujuannya adalah membantu Kresna Life dalam memperkuat permodalannya dalam memenuhi ketentuan Tingkat Solvabilitas minimum (RBC) yang dipersyaratkan agar sanksi PKU dapat dicabut," tulis dia dalam surat kepada nasabah, dikutip Kamis (26/1/2023).

Dalam surat tersebut dijelaskan, program konversi adalah kewajiban atau sisa penyelesaian tiap-tiap polis secara administrasi akuntansi akan dikonversi dan dicatat sebagai pinjaman subordinasi pada buku pencatatan keuangan perusahaan.

Dengan begitu, hal ini akan berdampak positif pada perhitungan tingkat solvabilitas Kresna Life.

Selain itu, secara prinsip pembayaran penyelesaian kewajiban kepada pemegang polis baik pembayaran bertahap maupun percepatan pelunasan dengan aset konversi akan diperhitungkan sebagai pembayaran kembali pinjaman subordinasi ini.

"Untuk itu kami mohon agar seluruh pemegang polis mendukung dan menyetujui program konversi ini untuk menghindari sanksi pencabutan izin usaha yang akan dilanjutkan dengan proses likuidasi terhadap Kresna Life. Jika itu terjadi maka pemegang polis yang akan sangat dirugikan," imbuh surat tersebut.

Sebagai catatan, program konversi ini akan dapat dijalankan hanya dengan persetujuan dari seluruh pemegang polis.

Pun, perusahaan menyediakan layanan bagi pemegang polis yang keberatan dengan program konversi ini melalui surel.

https://money.kompas.com/read/2023/01/26/200000326/ingin-sanksi-pku-dicabut-kresna-life-tawarkan-skema-pembayaran-ke-pemegang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke