Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Naik MRT Jakarta: Panduan, Rute, dan Cara Bayarnya

Terlebih, sejumlah pertanyaan kerap bermunculan terkait cara naik MRT pertama kali ini. Misalnya, naik MRT bayar pakai apa? Bisa naik MRT dari stasiun mana saja?

Karena itu, ketentuan mengenai cara beli tiket MRT Jakarta perlu diperhatikan. Anda juga perlu mengetahui titik Stasiun MRT terdekat untuk memulai perjalanan.

Artikel ini akan memberikan ulasan mengenai panduan naik MRT Jakarta lengkap, dirangkum dari laman resmi jakartamrt.co.id pada Sabtu (4/2/2023).

Cara naik MRT pertama kali

Secara sederhana, cara naik MRT Jakarta adalah sebagai berikut:

Sebelum memulai perjalanan, pastikan pula Anda mengetahui jadwal MRT Jakarta. Terdapat perbedaan jam operasional MRT Jakarta saat hari kerja dan akhir pekan.

Headway atau selang waktu keberangkatan antar-kereta yang diberlakukan adalah 5 menit (jam sibuk) dan 10 menit (jam normal) pada hari kerja, serta 10 menit pada akhir pekan.

MRT Jakarta beroperasi pukul 05.00-24.00 WIB di hari kerja dan 06.00-24.00 WIB pada akhir pekan. Jadwal operasional dapat di akses melalui situs web dan akun media sosial MRT Jakarta.

Naik MRT dari stasiun mana?

Anda bisa memilih Stasiun MRT terdekat untuk memulai perjalanan. Rute MRT Jakarta yang saat ini dioperasikan adalah melintasi stasiun-stasiun berikut:

Cara beli tiket MRT

Terkait cara naik MRT pertama kali ini, ketentuan mengenai metode pembayaran perlu diketahui. Terdapat sejumlah pilihan yang tersedia terkait tiket MRT Jakarta.

Lantas, naik MRT bayar pakai apa? Untuk naik MRT, pembayaran bisa dilakukan dengan menggunakan sejumlah metode sebagai berikut:

  • Tiket Single Trip
  • Multi Trip Ticket
  • Kartu JakLingko
  • Kartu Elektronik Bank
  • Aplikasi MRT Jakarta

Tiket Single Trip adalah tiket berupa kartu yang dapat dipakai untuk sekali jalan. Artinya, jika menggunakan tiket tersebut, Anda hanya bisa memanfaatkannya satu kali saja.

Sedangkan Tiket Multi Trip yakni tiket berupa kartu berisi saldo yang dapat dipakai berkali-kali, dan dapat diisi ulang saldonya. Pembelian Kartu Multi Trip dapat dilakukan di Mesin Tiket Otomatis pada Stasiun MRT terdekat.

Sementara itu, Kartu Multiguna ialah kartu untuk pembayaran Transportasi Publik di Jakarta (Transjakarta, MikroTrans, dan MRT Jakarta).

Anda juga bisa melakukan pembayaran naik MRT dengan Kartu Elektronik Bank di antaranya Flazz, Brizzi, TapCash, e-Money, dan Jakcard. Hanya saja, MRT Jakarta tidak menyediakan isi ulang Kartu Elektronik Bank di Stasiun MRT Jakarta.

Selain itu, dengan aplikasi MRT Jakarta Anda dapat membayar dengan uang elektronik pilihan Anda di antaranya GoPay, OVO, DANA, dan LinkAja.

Dengan demikian, naik MRT bayar pakai apa? Jawabannya tergantung pada pilihan Anda, sesuai dengan opsi yang tersedia.

Itulah sejumlah ulasan mengenai cara naik MRT Jakarta, lengkap dari panduan perjalanan hingga cara beli tiket MRT Jakarta.

https://money.kompas.com/read/2023/02/04/102932926/cara-naik-mrt-jakarta-panduan-rute-dan-cara-bayarnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke