Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bos KSP Indosurya Henry Surya Muncul ke Publik, Klaim Sudah Bayar Homologasi

Penampilan Henry Surya ke publik ini perdana, usai mendapat vonis lepas dari Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Barat.

Dalam keterangannya, Henry mengatakan saat ini kewajiban bayar yang saat ini dimiliki oleh KSP Indosurya adalah sekitar Rp 16 triliun. Sementara saat ia ditahan, KSP Indosurya sudah membayar Rp 2,5 triliun.

"Sebelum saya ditahan saya sudah bayar kurang lebih sesuai dengan homologasi Rp 2,5 triliun di luar cicilan-cicilan. Setelah saya ditahan, otomatis tidak bisa jalan (pembayarannya)," ujar Henry dalam konferensi pers tersebut, dikutip dari Kontan.

Selanjutnya, Henry membantah nilai Rp 10 triliun yang jadi dakwaannya di pengadilan. Menurut dia, angka tersebut tidak benar karena ada beberapa data yang berulang.

“Banyak yang namanya orang bayar pinjaman atau orang transfer, misalnya contoh ke rekening penampungan Rp 1 miliar, lalu sama KSP dipindah ke rekening lain, dianggapnya jadi Rp 2 miliar,” ulas Henry.

Namun, pembayaran tersebut masih perlu waktu untuk diselesaikan. Dimana, ia mengklaim bahwa saat ini sudah ada anggota juga yang bernegosisasi dengan KSP Indosurya untuk melakukan asset settlement.

Henry juga berharap KSP Indosurya bisa berjalan lagi dengan diawali menggelar Rapat Anggota Tahunan untuk mengganti beberapa pengurus demi kepentingan anggota yang berjumlah 6.000 orang.

(Reporter: Adrianus Octaviano | Editor: Noverius Laoli)

Artikel ini sudah terbit di Kontan dengan judul "Muncul ke Publik, Henry Surya Klaim Sudah Selesaikan Pembayaran Homologasi."

https://money.kompas.com/read/2023/02/18/123000826/bos-ksp-indosurya-henry-surya-muncul-ke-publik-klaim-sudah-bayar-homologasi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke