Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mentan Tak Hadir Rapat di DPR, Ketua Komisi IV: Jujur, Saya Tersinggung

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Komisi IV DPR Sudin merasa tersinggung atas ketidakhadiran Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo dan dua pejabat eselon 1 Kementerian Pertanian dalam rapat kerja Komisi IV DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (20/3/2023).

Sudin berharap seluruh mitra kerja Komisi IV DPR dapat saling menghormati jadwal rapat.

"Saya menghormati mitra saya, tapi kalau mitra saya tidak menghormati saya, saya juga bisa demikian, jujur saya katakan saya tersinggung," kata Sudin.

Sudin mengatakan, Menter Pertanian sempat meminta izin untuk tak menghadiri rapat dengan Komisi IV DPR lantaran mendampingi Presiden Joko Widodo kunjungan kerja.

Ia mengatakan, sudah mengizinkan Mentan untuk mendampingi presiden, namun, dengan syarat seluruh eselon 1 di Kementan menghadiri raker.

"Saya sebagai pimpinan komisi IV langsung meng-oke-kan, tapi dengan catatan beliau (Mentan) harus buat surat secara resmi kepada komisi IV, kedua, kemarin saya sampaikan seluruh eselon I wajib hadir," kata Sudin.

Kendati demikian, kata Sudin, dua pejabat eselon 1 Kementan tak menghadiri raker.

Padahal, kata dia, raker akan membahas soal prediksi panen di mana data-data sudah diserahkan Kementan kepada DPR.

"Ini amat sayangkan, karena kita ini membahas yang pertama adalah menjelang hari besar keagamaan. Pertama meningkatnya harga cabai bawang. Kedua carut marutnya pupuk sampai presiden bicara kemana-mana," ujarnya.

"Yang katanya panen serentak sekian juta hektare tapi yang bersangkutan tidak hadir. Ini yang amat saya sayangkan," sambungnya.

Berdasarkan hal tersebut, Sudin meminta pendapat seluruh fraksi apakah rapat tetap layak dilanjutkan atau ditunda. Adapun seluruh fraksi di Komisi IV memutuskan untuk menunda rapat kerja dengan Kementan.

"Saya menghormati mitra kerja, saya mohon juga mitra kerja menghormati kita semua, kita adalah mitra. Setelah mengambil masukan dari beberapa fraksi dan pimpinan, rapat kami tunda," kata Ketua Komisi IV DPR RI Sudin sambil mengetok palu tanda rapat dibubarkan.

https://money.kompas.com/read/2023/03/20/154000626/mentan-tak-hadir-rapat-di-dpr-ketua-komisi-iv--jujur-saya-tersinggung

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke