Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tiba di RI, Daging Kerbau Impor Bakal Disalurkan ke Pasar dan Swalayan

Direktur Perum Bulog Budi Waseso mengatakan, pengadaan ini dilakukan secara bertahap sesuai dengan penugasan dari pemerintah ke Bulog untuk mengimpor sebanyak 100.000 ton daging kerbau ke Tanah Air sepanjang 2023.

"Saya cek kedatangannya daging impor ini untuk kebutuhan puasa Lebaran. Dari alokasi 100.000 ton ini baru datang 18.000 yang seyogyanya kita harapkan 20.000. Ini nanti bertahap, diharapkan untuk kebutuhan daging sudah bisa disiapkan alternatif," ujar Budi Waseso di Tanjung Priok, Jakarta, Rabu (12/4/2023).

Pria yang akrab dipanggil Buwas ini mengatakan, dengan jumlah stok daging kerbau beku yang dikuasai Bulog saat ini diharapkan dapat membantu mengatasi kebutuhan lonjakan permintaan daging beku sehingga masyarakat tidak perlu khawatir.

“Kami sudah melakukan pengaturan dan percepatan semaksimal mungkin untuk proses kedatangan stok daging impor ini, selanjutnya dengan sarana cold storage dan jaringan infrastruktur yang dimiliki Bulog stok ini sudah langsung disitribusikan ke seluruh Indonesia agar masyarakat segera mendapatkan langsung dengan harga terjangkau," kata Buwas.

Bulog juga telah bekerja sama dengan para pelaku usaha termasuk retail modern mengingat distribusi daging beku ini membutuhkan “rantai beku” dan akan terus memperluas kerja sama tersebut.

"Ini distribusinya ke pasar dan swalayan dan ini tidak lari ke industri. Ini ada dari Bulog ke ritel ada juga dari distributor kita yang punya downline dan sudah tanda tangan persyaratan. Baru 11 yang memenuh surat distributor. Yang minta ada 100 tapi yang baru memenuhi syarat baru 11," jelas Buwas.

https://money.kompas.com/read/2023/04/12/102933326/tiba-di-ri-daging-kerbau-impor-bakal-disalurkan-ke-pasar-dan-swalayan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke