Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jokowi Resmikan Hunian Milenial: Harga Mulai Rp 200 Jutaan, Cicilan Murah...

Dalam sambutannya, Jokowi mengatakan bahwa apartemen dengan konsep Transit Oriented Development (TOD) atau terintegrasi dengan transportasi publik ini menyasar konsumen milenial.

Harga apartemen ini menurut dia, cukup terjangkau mulai Rp 200 jutaan. Ditambah lagi sokongan subsidi dari pemerintah berupa Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP).

"Harganya saya kira juga terjangkau. Ada subsidi FLPP-nya dijual Rp 200 juta. Yang tidak ada subsidi ada yang Rp 300 juta, ada yang Rp 500 juta. Cicilannya juga murah sehingga pas sekali untuk hunian anak-anak muda kita, hunian milenial ini," katanya.

Presiden pun mengapresiasi Menteri BUMN Erick Thohir yang mempunyai gagasan pembangunan hunian skema TOD tersebut. Karena dengan hunian seperti ini, lanjut Jokowi, mampu menekan masyarakat menggunakan kendaraan pribadi.

"Kalau mereka beli, bonusnya dapat kereta api. Bangun tidur, mandi, langsung lompat sudah masuk ke KRL kereta api. Ke mana-mana pun bisa. Sehingga kita semua tidak tergantung dengan kendaraan-kendaraan pribadi, dan mobil yang memacetkan utamanya di Jabodetabek," lanjut Presiden.

Mantan Wali Kota Solo ini juga meminta kepada Menteri BUMN, Kementerian PUPR, PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI untuk terus mengembangkan hunian seperti Semesta Mahata Margonda di kota-kota yang dinilai padat penduduk serta kendaraan.

"Saya tadi sudah perintahkan tidak dibangun di Jakarta dan sekitarnya saja, tetapi di kota-kota yang sudah mengalami kemacetan harus dibangun dengan TOD-TOD seperti ini," ucap Jokowi.

"Sekali lagi akan kita kembangkan di semua kota yang memiliki TOD utamanya lahan-lahan PT KAI yang tidak termanfaatkan dengan baik nanti kerja sama dengan PTPP, Perumnas, Kementerian PUPR. Saya kira harus kita bangun sebanyak-banyaknya hunian seperti ini," pungkasnya.

https://money.kompas.com/read/2023/04/13/114431326/jokowi-resmikan-hunian-milenial-harga-mulai-rp-200-jutaan-cicilan-murah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke