Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tinggalkan Dollar AS, ASEAN Perkuat Kerja Sama Pemanfaatan Mata Uang Lokal

Kepala Pusat Kebijakan Regional & Bilateral Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kementerian Keuangan Nella Sri Hendriyetty mengatakan, penguatan kerja sama itu dilakukan untuk mengurangi ketergantungan terhadap mata uang asing, utamanya dollar AS.

"Memang gubernur bank sentral dan menteri keuangan sepakat untuk memperkuat penggunaan mata uang lokal di kawasan dan mengurangi keteragantungan kita terhadap mata uang internasional," tutur dia, dalam Forum Merdeka Barat 9, Rabu (3/5/2023).

Nella menjelaskan penguatan pemanfaatan mata uang lokal akan dilakukan melalui kerja sama secara bilateral antar negara ASEAN yang disebut dengan local guarantee settlement.

"Kita mendorong negara-negara ASEAN utnuk memakan mata uang lokalnya dalam transaksi cross border," katanya.

Lewat kerangka kerja sama tersebut, Nella memastikan, ASEAN belum akan membentuk sebuah mata uang tunggal dalam kawasan, seperti hal nya yang dilakukan Uni Eropa dengan menggunakan euro.

"Dulu memang ada rencana membuat mata uang tunggal. Tapi kita belajar juga dengan apa yang terjadi di Uni Eropa, bagaimana untuk menggunakan mata uang masing-masing negara akan lebih mudah," tuturnya.

Pemanfaatan mata uang lokal negara ASEAN dinilai dapat memperkuat stabilitas mata uang masing-masing negara anggota, khususnya ketika terjadi volatilitas di pasar uang global.

Dalam rangka merealisasikan penguatan kerja sama local guarantee settlement, ASEAN akan membentuk gugus tugas untuk merumuskan proses transisi penggunaan mata uang lokal negara ASEAN dalam transaksi keuangan di kawasan.

"Diharpakan proses ini cukup efektif," ucap Nella.

https://money.kompas.com/read/2023/05/03/171500726/tinggalkan-dollar-as-asean-perkuat-kerja-sama-pemanfaatan-mata-uang-lokal

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke