Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Lowongan Kerja Pertamina Hulu Energi, "Fresh Graduate" Boleh Mendaftar

Lowongan pekerjaan di Pertamina Hulu Energi mensyaratkan IPK minimum 3.00, dengan batasan usia maksimal 27 tahun saat melamar. Para pelamar yang lolos seleksi akan dipekerjakan untuk pegawai tetap.

1. Jr Staff Laboratory

Pada posisi ini, pelamar diharuskan merupakan tamatan dari universitas jurusan Teknik Kimia, Teknik Perminyakan dan Gas, Teknik Perminyakan, dan Teknik Pertambangan dan Perminyakan dengan minimum IPK 3.00.

Pelamar diharuskan memiliki pengalaman 2-3 tahun, dan bagi yang lolos seleksi nantiny akan ditempatkan di Kota Jambi, Rantau-Kab Aceh Tamiang, Pangkalan Susu - Kab Langkat, dan Lirik - Kab. Indragiri Hulu.

Adapun deskripsi pekerjaan untuk posisi ini antara lain, melakukan pengukuran dan perhitungan properties minyak dan gas di bawah pengawasan atasan untuk memastikan ketersediaan informasi yang digunakan secara akurat dan sesuai kaidah Quantity Accounting System (QAS). Selain itu, menganalisa fluida reservoir, fluida pemboran, dan semen sebagai dasar pertimbangan pengelolaan lapangan, kegiatan workover dan operasi pemboran.

Sementara untuk kompetensi teknis yang dibutuhkan mencakup:

  • Laboratorium Tool & Analysis
  • Fluid Properties
  • Reservoir Management
  • Well Stimulation
  • Produced Water Management
  • Production Chemical Technology
  • Natural gas/ Physical Properties
  • Cemeting Lythology

2. Technician Instrument, Mechanical, dan Matering

Pada posisi Technician Instrument, pelamar harus merupakan tamatan Diploma III dari jurusan Teknik Elektro, Teknik Fisika, Teknik Mesin dan Teknik Mekatronika dengan minimum IPK 3.00. Pelamar yang lolos akan ditempatkan di Jambi Merang - Kab Musi Banyuasin.

Pelamar kerja merupakan fresh graduate atau memiliki pengalaman 2-3 tahun, dan mampu menyelesaikan problem-problem yang dihadapi unit kerja dengan pendekatan team work. Pekerja juga harus familiar dengan Diesel & Gas Engine Trouble shooting, Root Cause Analysis, serta Electro Motor Troubleshooting.

Adapun deskripsi pekerjaan untuk posisi ini antara lain, mengeksekusi program pemeliharaan preventive maintenance terhadap peralatan-peralatan Instrument untuk mencapai reliability dan availability di fasilitas produksi. Kemudian, melakukan penggantian equipment untuk memastikan kehandalan dan ketersediaan peralatan-peralatan Instrument di fasilitas produksi.

Selain itu, melakukan pencatatan data maintenance (data Asset, maintenance schedule, running hours, history equipment, material program) setiap peralatan-peralatan Instrument, sebagai bahan masukan evaluasi.

3. Technician Technical Services

Pada posisi ini, pelamar harus merupakan tamatan Diploma III dari jurusan Teknik Mekatronika, atau Teknik Mesin dengan IPK minimum 3.00. Pelamar yang lolos akan ditempatkan di Kab. Ogan Komering Ulu dan Muara Enim

Adapun deskripsi pekerjaan yakni mengeksekusi kegiatan maintenance work preparation di field OKRT yang meliputi penyiapan kebutuhan material, tenaga kerja, peralatan kerja, jadwal & program pelaksanaan konstruksi penunjang operasi untuk memastikan tersedianya kebutuhan maintenance preparation static equipment & pipeline sesuai dengan rencana, program dan strategi yang ditetapkan.

Kemudian, mengeksekusi kegiatan pencatatan Maintenance Execution di Field OKRTpada CMMS, yang meliputi pelaksanaan pemeliharaan static equipment dan pipeline yang dilakukan, material yang digunakan, biaya pemeliharaan, waktu pelaksanaan & hasil pengujian untuk memastikan tersedianya data pemeliharaan yang lengkap dan up to date.

Pelamar juga harus memenuhi kompetensi teknis yang meliputi:

  • Computerized Maintenance Management System (CMMS)
  • Oil & Gas Operational System
  • Rotating Equipment Maintenance
  • Piping and Pipeline Maintenance
  • Tank & Vessel Maintenance
  • Lifting & Rigging
  • Operational & Maintenance Power Generation
  • Operational & Maintenance

4. Operator Water Injection Well & Pipeline Jatibarang Field

Pada posisi ini, pelamar kerja harus merupakan lulusan Diploma III jurusan Teknik Elektro, Teknik Fisika, Teknik Industri, Teknik Kimia, Teknik Mekatronika, Teknik Mesin, Teknik Perminyakan dan Gas, Teknik Perminyakan, dan Teknik Pertambangan dan Perminyakan dengan IPK minimum 3.00.

Adapun deskripsi pekerjaan untuk posisi ini, yaitu memonitor dan mencatat parameter operasi harian Water Injection Well & Pipeline meliputi tekanan flowline, tekanan kepala sumur, dan rate injeksi untuk mendapatkan data yang akurat. Juga, melaksanakan penginjeksian air ke sumur-sumur injeksi dan pengaturan laju injeksi ke masing-masing sumur sesuai program dari fungsi Petroleum Enginering dan pembuatan laporan injeksi.

Pelamar juga diutamakan memiliki pengalaman kerja di bidang operasi produksi atau familiar dengan kegiatan produksi industri migas.

5. Operator Production

Posisi operator production diharuskan merupakan tamatan Diploma III dari jurusan Teknik Elektro, Teknik Fisika, Teknik Industri, Teknik Kimia, Teknik Mekatronika, Teknik Mesin, Teknik Perminyakan dan Gas, Teknik Perminyakan, dan Teknik Pertambangan dan Perminyakan dengan minimum IPK 3.00.

Pelamar yang lolos seleksi akan ditempatakan di Jakarta Pusat, Jakarta Utara, dan Jakarta Selatan. Adapun deskripsi pekerjaan untuk posisi ini antara lain, mengoperasikan, mengontrol, dan memantau kegiatan operasional dan produksi. Serta, mengawasi dan mengimplementasikan aspek QHSSE dalam kegiatan operasional.

6. Operator Sukowati Pad B Well dan Pipeline

Pada posisi ini, pelamar harus merupakan tamatan Diplom III dari jurusan Teknik Elektro, Teknik Fisika, Teknik Industri, Teknik Kimia, Teknik Mekatronika, Teknik Mesin, Teknik Perminyakan dan Gas, Teknik Perminyakan, serta Teknik Pertambangan dan Perminyakan dengan minimum IPK 3.00.

Pelamar yang lolos seleksi akan ditempatkan di Kab. Tuban. Adapun beberapa deskripsi pekerjaan untuk posisi ini antra lain mengoperasikan sumur produksi dengan berbagai metode natural flow hingga artificial lift. Kemudian, melakukan pengetesan produksi dari sumur (on off sumur produksi).

Selain itu juga melaksanakan prosedur shutin shut off sumur produksi, menyelesaikan Trouble shooting permasalahan pada sumur produksi.Mengatur aliran produksi dari sumur (penggunaan Chock / bean), serta mengambil sample liquid dari kepala sumur.

7. Operator CCR

Pelamar untuk posisi ini harus merupakan tamatan Diploma III jurusan Teknik Elektro, Teknik Instrumentasi, dan Teknik Mesin dengan IPK minimum 3.00. Nantinya, pelamar yang lolos akan ditempatkan di Area 2,3, dan 4 Kab Bojonegoro.

Adapun deskripsi pekerjaan untuk posisi ini adalah mendukung CCR supervisor dalam mendeliver target produksi secara aman dan cost effectiveness dengan cara mengoperasikan. Kemudian, mengendalikan dan memonitoring semua proses operasi produksi Area-2, yang meliputi Inlet separation, DPCU and Propylene Refrigeration system, H2S Removal, CO2 Removal, Membrane Permeate Incenerator System, Sales Gas Compression, Sales Gas Pipeline and Metering) melalui DCS di Central Control Room (CCR) JTB Gas Production Facility.

8. Operator PG Production

Untuk posisi operator PG Production, pelamar harus merupakan lulusan dari jurusan Teknik Elektro, Teknik Fisika, Teknik Industri, Teknik Kimia, Teknik Mekatronika, Teknik Mesin, Teknik Perminyakan dan Gas, Teknik Perminyakan, serta Teknik Pertambangan dan Perminyakan dengan IPK minimum 3.00.

Adapun job deskripsi untuk posisi ini adalah, melaksanakan pengujian sumur individu secara berkala atau sesuai permintaan dari fungsi Engineering & Planning untuk mengetahui produksi dari masing-masing sumur, jika fasilitas pengujian sumur secara individual tersedia atau jika ada peralatan lain yang mendukung untuk dilakukan pengujian tersebut.

Kemudian, melaksanakan kegiatan penampungan, perhitungan produksi minyak, air, dan gas, serta pengiriman fluida produksi ke main gathering station atau Sungai Kenawang Plant (SKN) untuk menunjang pencapaian target produksi migas. Pelamar yang lolos seleksi akan ditempatkan di Kab. Banyuasin.

Adapun Kompetensi Teknis yang dibutuhkan mencakup:

  • Production Well/System Analysis.
  • Artificial Lift Methods
  • Operations – Facilities Operations
  • Quantity Accounting System
  • Hazardous Area.
  • HAZOP & HAZID.
  • Authorized Gas Tester (AGT)
  • Permit To Work

9. Operator KWG Water Injection Well dan Pipeline

Pada posisi ini, pelamar kerja harus merupakan lulusan dari jurusan Teknik Elektro, Teknik Fisika, Teknik Industri, Teknik Kimia, Teknik Mekatronika, Teknik Mesin, Teknik Perminyakan dan Gas, Teknik Perminyakan, serta Teknik Pertambangan dan Perminyakan dengan minimum IPK 3.00.

Adapun deskripsi pekerjaan untuk posisi ini antra lain, mengoperasikan sumur produksi dengan berbagai metode natural flow hingga artificial lift, melakukan pengetesan produksi dari sumur (on off sumur produksi), melaksanakan prosedur shutin shut off sumur produksi, serta menyelesaikan Trouble shooting permasalahan pada sumur produksi.

Pelamar yang lolos seleksi akan ditempatkan di Field Cepu, Kab. Blora.

10. Technician Civil

Pada posisi ini, pelamar diharuskan merupakan lulusan dari jurusan Teknik Industri, Teknik Material, Teknik Mesin, dan Teknik Sipil dengan minimum IPK 3.00.

Adapun deskripsi pekerjaan untuk posisi ini mencakup mengeksekusi kegiatan Heavy Equipment Operation yang meliputi bulldozer, wheel loader, Equipment sesuai dengan program kerja. Selain itu, melaksanakan dan mengatur sumber daya untuk eksekusi, dan menyediakan data Maintenance Execution.

11. Operator SKN Production

Untuk posisi ini, pelamar harus merupakan tamatan dari jurusan Teknik Elektro, Teknik Fisika, Teknik Industri, Teknik Kimia, Teknik Mekatronika, Teknik Mesin, Teknik Perminyakan dan Gas, Teknik Perminyakan, serta Teknik Pertambangan dan Perminyakan dengan minimum IPK 3.00.

Adapun deskripsi kerja untuk posisi operator SKN, mencakup pengujian sumur individu secara berkala atau sesuai permintaan dari fungsi Engineering & Planning untuk mengetahui produksi dari masing-masing sumur, jika fasilitas pengujian sumur secara individual tersedia atau jika ada peralatan lain yang mendukung untuk dilakukan pengujian tersebut.

Kemudian, melaksanakan kegiatan penampungan, perhitungan produksi kondensat, air, dan gas, serta pengiriman fluida produksi ke main gathering station untuk menunjang pencapaian target produksi migas. Pertamina Hulu Energy menetapkan kompetensi teknis untuk posisi lowongan kerja ini sebagai berikut:

https://money.kompas.com/read/2023/05/14/120000926/lowongan-kerja-pertamina-hulu-energi-fresh-graduate-boleh-mendaftar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke