Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ketua LPS Beberkan Dampak Positif dan Negatif dari Potensi Gagal Bayar Utang AS

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Dewan Komisioner Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) Purbaya Yudhi Sadewa menyebutkan, potensi gagal bayar utang atau default pemerintah Amerika Serikat (AS) memiliki dampak positif dan negatif terhadap pasar keuangan.

Ia menjelaskan, saat ini surat utang AS masih mendapatkan rating sempurna dari perusahaan pemeringkat global seperti S&P Global Ratings. Namun, rating tersebut berpotensi berubah seiring dengan adanya potensi gagal bayar utang.

"Kalau rating-nya yang A+ default, setelah itu apa? Apakah itu peringkatnya akan turun jadi D?," kata dia, dalam konferensi pers, Jumat (26/5/2023).

Apabila rating dari surat utang AS justru tidak mengalami penyesuaian, atau tetap sempurna, maka keputusan itu bisa menjadi bahan argumen pemerintah untuk menaikkan rating surat utang nasional. Pasalnya, surat utang Indonesia tidak pernah mengalami gagal bayar atau default.

"Artinya berhak mendapatkan pinjaman dengan bunga yang lebih rendah lagi. Itu sisi positifnya," ujar Purbaya.

Namun, potensi gagal bayar utang AS tentu akan berdampak negatif, dengan menjadi guncangan bagi pasar keuangan. Walaupun begitu, guncangan tersebut diproyeksi Purbaya tidak berlangsung lama.

Sebab, saat ini sudah banyak negara yang mengurangi porsi kepemilikan obligasi AS. Selain itu, para pemangku kebijakan juga disebut Purbaya telah mengambil berbagai langkah antisipatif untuk mencegah dampak potensi default AS.

"Dugaan saya seandainya mereka default pun dalam waktu singkat mereka akan cari kompromi secara politik, karena kalau enggak rakyatnya akan memaki pimpinan di sana," ucap Purbaya.

Sebagai informasi, saat ini AS sedang dihadapi isu gagal bayar utang pemerintah. Hal ini disebabkan dengan belum disepakatinya pembahasan kenaikan plafon utang atau debt ceiling antara pemerintah dan kongres AS.

https://money.kompas.com/read/2023/05/26/161000626/ketua-lps-beberkan-dampak-positif-dan-negatif-dari-potensi-gagal-bayar-utang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke