Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

"Franchise" Ekspedisi Modal Rp 5 Jutaan, Mulai Bisnis Enggak Harus Mahal

Bahkan Bank Indonesia memperkirakan nilai transaksi belanja online di e-commerce selama 2023 bisa mencapai Rp 533 triliun.

Bagi kamu yang ingin membeli franchise ekspedisi murah dengan modal kisaran Rp 5 juta, ada beberapa rekomendasi.

Berikut franchise ekspedisi murah meriah versi Kompas.com:

1. Franchise Wahana Express

Wahana Express menawarkan bentuk kerja sama sebagai mitra. Mitra Agen Wahana Express merupakan salah satu bisnis kemitraan Wahana Express dengan membuka konter pengiriman untuk melayani pengiriman konsumen umum dengan biaya pendaftaran yang terjangkau, syarat yang mudah, serta proses yang cepat.

Bisnis kemitraan ini cocok untuk kamu yang bekerja sebagai pemilik bisnis online shop, UMKM, pensiunan, pegawai, koperasi, IRT, pedagang, ataupun lainnya.

Selama kamu sudah memiliki KTP dan niat untuk berusaha, maka kamu dapat bergabung menjadi Mitra Agen Wahana Express.

Keuntungan Mitra Agen Wahana Express

Syarat Jadi Mitra Agen Wahana Express

Adapun syarat dan ketentuan yang berlaku adalah sebagai berikut:

  1. Lokasi usaha merupakan bangunan permanen dan mudah terlihat/terjangkau
  2. Memiliki ruangan untuk penerimaan paket dengan luas minimal 2 x 2 meter
  3. Tersedia lahan parkir cukup untuk minimal 1 mobil
  4. Akses jalan dapat dilalui kendaraan roda empat, minimal lebar jalan 4 meter
  5. Menyediakan perlengkapan komputer/tablet/smartphone, printer, timbangan, meteran, internet, dan CCTV.

Cara Mendaftar menjadi Mitra Agen Wahana Express

Setelah kamu memahami serta memenuhi syarat dan ketentuan di atas, selanjutnya kamu dapat melakukan pendaftaran sebagai Mitra Agen Wahana Express dengan cara sebagai berikut:

  1. Mengisi formulir “Form Pengajuan Agen Wahana” yang ada di website. Buka situs www.wahana.com/agen dan kamu akan berada pada laman “Kerjasama Bisnis” bagian “Agen Wahana”
  2. Gulirkan ke bawah, lalu kamu akan menemukan “Formulir Pengajuan Agen Wahana”
  3. Isi formulir tersebut sesuai dengan data kamu yang sebenar-benarnya. Jika kamu sudah mengisi data dengan benar dan lengkap, klik “Submit”.  

Pengecekan Calon Agen Wahana Express

Setelah kamu melakukan pengisian formulir pengajuan agen Wahana Express, maka kamu sebagai Calon Agen Wahana Express akan dihubungi oleh Tim Sales dari Wahana Express untuk selanjutnya dilakukan pengecekan guna mengkonfirmasi kebenaran data yang telah diisi.

Kemudian, Calon Agen Wahana Express akan di cek melalui survei secara online dan offline. Adapun pengecekan secara online adalah untuk memeriksa lokasi ruko atau tempat Calon Agen. Sedangkan untuk pengecekan secara offline dilakukan untuk memeriksa kelengkapan dari syarat dan ketentuan menjadi Agen Wahana Express.

Modal Keagenan Wahana Express

Jika pengecekan Calon Agen Wahana Express sudah dilakukan, langkah berikutnya adalah melakukan proses pembayaran administrasi melalui transfer ke Bank BCA 6580630888 atas nama PT Wahana Prestasi Logistik.

Adapun modal menjadi mitra Wahana adalah Rp 3,8 juta. Kamu juga nantinya akan mendapatkan atribut berupa papan acrylic logo Wahana Express, poster Syarat dan Ketentuan, spanduk Wahana Express, seragam agen, dan cashback.

Atribut keagenan akan dikirimkan oleh pihak Wahana Express ke alamat agen Wahana Express.

Setelah menyelesaikan pembayaran administrasi, tim Wahana Express akan membuat jadwal untuk memberikan sesi pelatihan kepada agen Wahana Express.

Pada sesi pelatihan sistem keagenan, kamu akan mempelajari syarat dan ketentuan pengiriman, pembuatan resi di dashboard Agen Wahana Express, cara mencetak resi, cara menempel resi, serta permintaan pick-up barang. Saat ini, pelatihan sistem keagenan Wahana Express dilakukan secara online.

2. Franchise Lion Parcel

Lion Parcel adalah jasa kirim barang yang sudah ada dan berkembang sejak 2013. Secara bersamaan, perkembangan jasa kirim barang Lion Parcel bisa menjadi pilihan pendapatan atau pemasukan lain di luar dari pemasukan utama tentunya dengan menjadi agen Lion Parcel.

Agen atau Point of Sales (POS) Lion Parcel merupakan mitra resmi Lion Parcel yang tugasnya menerima barang atau paket customer yang lalu akan diambil kurir Lion Parcel untuk selanjutnya dikirimkan ke alamat tujuan.

Syarat Administrasi

Tidak hanya mengisi formulir pendaftaran agen, calon agen harus melampirkan beberapa syarat administrasi yang pihak Lion Parcel sudah tentukan.

Syarat administrasi calon agen Lion Parcel Perorangan:

  • Fotokopi KTP
  • Fotokopi KK
  • Fotokopi NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak)
  • Foto halaman depan buku tabungan
  • Foto atau titik koordinat lokasi tempat bisnis

Syarat administrasi Calon Agen Lion Parcel Badan Usaha (Min. CV):

Modal

Kamu harus menyiapkan modal kurang lebih Rp 5 juta untuk dibayarkan ke Lion Parcel. Dana itu dialokasikan untuk saldo awal agen sebanyak Rp 2 juta dan biaya administrasi keagenan Lion Parcel. Biaya admistrasi itu sudah mencakup marketing tools.

Syarat Operasional

Setelah memenuhi syarat-syarat administrasi, calon agen harus memenuhi syarat operasional untuk jadi agen Lion Parcel. Peralatan Pendukung yang Perlu Disediakan Para Calon Agen:

  • Minimal 1 laptop atau PC
  • Printer (lebih diutamakan printer thermal)
  • Timbangan minimal 60 kg
  • Koneksi internet
  • Meteran atau alat ukur
  • Fasilitas telepon
  • CCTV di area penerimaan barang
  • SDM Guna Mendukung Kinerja POS
  • Staff admin (harus menyerahkan fotokopi KTP)
  • Minimal 1 armada sepeda motor atau mobil untuk keperluan operasional (harus melampirkan fotokopi STNK)
  • Staff kurir (harus menyerahkan fotokopi SIM, KTP, dan nomor HP)

Selanjutnya, calon agen jasa pengiriman murah Lion Parcel pun perlu untuk mengetahui serta mematuhi ketentuan umum berikut ini:

Cara Daftar Agen Lion Parcel

Berikut untuk mendaftar agen Lion Parcel:

  1. Akses situs resmi Lion Parcel, lionparcel.com/agen
  2. Klik Daftar Sekarang untuk isi formulir pendaftaran
  3. Pilihlah bentuk calon keagenan (Perorangan atau Perusahaan)
  4. Isi Data Diri Pendaftar serta Data Lokasi Diusulkan. Jika kamu mendaftar menjadi agen Lion Parcel perusahaan, maka kamu pun perlu untuk mengisi Data Perusahaan.
  5. Di bagian Data Diri Pendaftar, kamu perlu mengisi sejumlah informasi seperti nama pendaftar, alamat lengkap pendaftar, nomor HP, alamat email, dan sumber informasi tentang pendaftaran keagenan.
  6. Berikutnya, informasi di bagian Data Lokasi Diusulkan seperti informasi lokasi, status bangunan, jenis bangunan, usaha lain berdampingan, alamat lokasi (provinsi, kota, kecamatan, kelurahan), serta titik koordinat lokasi usaha.
  7. Pada bagian Data Perusahaan, kamu diminta untuk isi informasi tentang nama perusahaan, bidang perusahaan, nama pimpinan, serta alamat lengkap perusahaan.
  8. Di akhir formulir pendaftaran, ada sejumlah pertanyaan persetujuan yang perlu dijawab.
  9. Masukkan kode referal apabila ada.
  10. Klik tombol Submit dan tunggu sampai pihak Lion Parcel menghubungi.

https://money.kompas.com/read/2023/06/09/182816826/franchise-ekspedisi-modal-rp-5-jutaan-mulai-bisnis-enggak-harus-mahal

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke