Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Serikat Buruh Dorong Pengembangan SDM Pasca-pandemi

Dalam pidatonya di L20, Sekjen KSPSI Hermanto Ahmad menilaipengambangan SDM pasca-pandemi penting karena saat ini sudah memasuki era industri 4.0.

"Selain itu, perlu juga didorong tumbuhnya iklim dialog sosial yang lebih berkualitas antara pemangku kepentingan secara tripartit didasari oleh sikap saling percaya," ujar dia dalam siaran pers, Sabtu (24/6/2023).

Peningkatan dialog antara pemangku kepentingan dinilai akan memberikan dampak positif bukan saja bagi pekerja, tetapi juga pengusaha dan pemerintah.

Selain itu, ia mendorong pembahasan mengenai peningkatan kuantitas dan kualitas proteksi sosial bagi para pekerja.

"Proteksi ini perlu, menjamin terlindunginya pekerja ketika mengalami PHK secara tiba-tiba. Kita perlu secara bersama-sama mendesak pemerintah khususnya negara berkembang membangun saling pengertian agar ketika pensiun, dapat menikmati masa tua yang penuh kebagiaan," kata dia.

Sementara itu, Ketua Umum Serikat Pekerja Informal dan Pekerja Profesional Indonesia (IMMPI) William Yani Wea mengusulkan 10 poin utama masuk dalam Draft Joint Statement L-20 dalam upaya memberantas mafia human trafficking (perdagangan manusia).

Menurut dia, semua negara harus menghormati martabat pekerja migran yang legal maupun ilegal. Aparat hukum di negara penerima pekerja migran dinilai harus memperhatikan pengaduan dan menghormati martabat pekerja migran.

"Semua negara harus bekerja sama memberantas mafia human trafficking," ucap dia.

https://money.kompas.com/read/2023/06/24/174006826/serikat-buruh-dorong-pengembangan-sdm-pasca-pandemi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke