Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

PTPN Group Ekspor Perdana Palm Kernel Expeller ke China Senilai Rp 18,2 Miliar

JAKARTA, KOMPAS.com - Holding Perkebunan Nusantara PTPN III (Persero) melakukan ekspor perdana palm kernel expeller senilai 1,2 juta dollar AS atau Rp 18,2 miliar ke Huangpu, China. Pelepasan ekspor dilakukan dari Pelabuhan Belawan, Sumatera Utara, pada 28 Juli 2023.

Direktur Pemasaran Holding Perkebunan Nusantara PTPN III (Persero) Dwi Sutoro mengatakan, selain menjaga pasar palm kernel meal atau palm kernel expeller di dalam negeri, PTPN Group juga terus mengupayakan pemasaran produk tersebut agar menembus pasar dunia.

"Ini akan mendapatkan nilai tambah yang lebih baik agar penjualan ekspor meningkat, serta keberlanjutannya di masa depan juga tetap baik," ujarnya dalam keterangan tertulis, Minggu (30/7/2023).

Dwi mengatakan, PTPN Group sebagai salah satu produsen produk kelapa sawit terbesar di dunia, terus melakukan fokus penjualan, tak hanya di pasar domestik, tetapi juga hingga ke pasar global.

Khusus untuk pasar global, tahun 2023 PTPN Group telah melakukan ekspor produk-produk kelapa sawit ke sejumlah negara di Asia, Eropa, Afrika, dan Amerika.

"Selama ini (ekspor) masih didominasi oleh produk-produk utama, seperti CPO, RBDPO, Olein (minyak goreng), Stearin dan PFAD, dengan nilai penjualan hingga Juni 2023 mencapai 144 juta dollar AS," ujarnya.

Ia menuturkan, produk dari kelapa sawit pada dasarnya tidak hanya berupa minyak nabati, tetapi ada bagian lain dari buah kelapa wait yang bisa diolah.

Salah satunya, bungkil inti sawit (palm kernel meal atau palm kernel expeller), yakni bahan konsentrat pakan ternak. Sebelumnya produk ini masih dijual di pasar domestik, namun kini mempunyai potensi penjualan ekspor yang baik.

"Kini (bungkil inti sawit) jadi salah satu fokus penjualan PTPN Group ke pasar global," kata Dwi.

Sementara itu, SEVP Business Support Holding Perkebunan Nusantara PTPN III Tengku Rinel menambahkan, ekspor perdana ini menjadi momentum bagi PTPN Group untuk menembus pasar ekspor, namun dengan tetap mengedepankan konsep-konsep keberlanjutan.

"Ekspor ini diharapkan dapat membantu menghasilkan devisa negara dan memperkuat daya saing seluruh produk PTPN di pasar global," tutup Tengku.

https://money.kompas.com/read/2023/07/30/101000726/ptpn-group-ekspor-perdana-palm-kernel-expeller-ke-china-senilai-rp-18-2-miliar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke