Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kepala Otorita: Meski IKN Jadi Kota Modern, Tetap Ada Makanan Tradisional

Hal tersebut dia sampaikan dalam agenda Nusantara Goes to Campus: Pemuda Hebat, IKN Kuat yang berlangsung di Samarinda, Kalimantan Timur, Senin (7/8/2023).

"Walaupun kotanya modern, ada mobil terbang, angkutan umumnya enggak pakai sopir, semuanya ada di apps (aplikasi), tapi masih ada di sana nasi kuning, pecel lele, masih ada bakso, soto Makassar dan sebagainya," ujarnya dikutip dari kanal Youtube IKN Indonesia.

Di IKN, lanjut Bambang, bakal menjadi tempat yang akan disukai oleh generasi milenial.

"Kotanya asik, karena di situ mudah-mudahan ya banyak tempat hangout nanti. Banyak tempat-tempat Instagramable nanti. Jadi kita memang bikin kotanya benar-benar asik. Kalau yang lagi belajar planning untuk kota, yang penting bukan fisiknya tetapi rohnya. The city must have a soul," ucapnya.

Selain itu, dirinya menginformasikan bahwa pada 17 Agustus tahun ini, di IKN bakal dihelat pesta rakyat yang akan mengundang sederet artis ternama. Tak hanya itu, pada Septembernya, juga dijadwalkan ada festival musik diadakan di sana.

"17 Agustus nanti akan ada pesta rakyat, artisnya nanti diumpetin. Tapi kalau mau lihat ke sana, silakan lihat nanti. Bulan September nanti ada Nusantara Musik Festival," ujar Bambang.

Dalam kesempatan itu, Tim Ahli Transisi Otorita IKN yang juga Dosen Perencanaan Wilayah dan Kota dari Universitas Gadjah Mada, Tri Mulyani Sunarharum, mengatakan, di IKN juga akan dibangun tempat wisata serta stadion.

"Ingin punya stadion, punya tempat hiburan itu masih memungkinkan untuk di-adjust, karena sudah ada zona penetapannya. Mungkin secara detailnya belum ya, tapi zona itu sudah ada," kata dia.

Dia memastikan bahwa IKN tidak akan menjadi kota yang membosankan seperti di Australia dan Amerika Serikat (AS). Karena dari kawasannya saja sudah tersuguhkan pemandangan lingkungan yang hijau.

"Nanti enggak kayak kota mati. Kalau kita lihat tadi di-setting avatarnya Pak Bambang, tadi kelihatan kalau keluar rumah saja kayak healing gitu. Suasananya enggak bikin stres. Jadi itu suatu kelebihan, kita tanpa keluar IKN pun bisa healing. Ada tempat pariwisata juga dikembangkan di IKN," ujar Tri Mulyani.

https://money.kompas.com/read/2023/08/07/215000326/kepala-otorita-meski-ikn-jadi-kota-modern-tetap-ada-makanan-tradisional

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke