Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Rincian Limit Tarik Tunai BRI di ATM Berdasarkan Jenis Kartu

JAKARTA, KOMPAS.com - Kartu ATM BRI merupakan salah satu fasilitas yang diberikan oleh Bank BRI kepada nasabah setiap membuka tabungan baru.

Dengan kartu ATM BRI, nasabah bisa melakukan berbagai macam transaksi, seperti tarik tunai, setor tunai, cek saldo, transfer, hingga membayar berbagai tagihan melalui mesin ATM maupun EDC.

Namun, yang perlu diingat bahwa pemberian faslitas kartu ATM BRI ini disertai dengan ketentuan yang telah ditentukan oleh pihak bank BRI. Salah satunya adalah ketentuan mengenai limit tarik tunai di ATM BRI atau maksimal tarik tunai ATM BRI. 

Limit tarik tunai adalah batas maksimal nilai nominal dana untuk penarikan tunai melalui mesin ATM. Apabila jumlah tarik tunai pada hari tersebut sudah mencapai batasnya, maka nasabah baru bisa melakukan tarik tunai lagi pada hari berikutnya.

Lalu, berapa limit tarik tunai BRI di ATM? 

Besaran limit tarik tunai BRI tergantung pada jenis kartu debit atau kartu ATM BRI yang dimiliki oleh nasabah. Kebijakan limit tarik tunai BRI diterapkan dalam rangka melindungi nasabah dari tindak kejahatan.

Limit tarik tunai BRI di ATM

Nah, berikut ini rincian limit tarik tunai BRI di ATM berdasarkan jenis kartu debit:

1. Kartu ATM BRI BritAma

Produk tabungan BRI BritAma adalah salah satu tabungan yang paling populer dari tabungan-tabungan BRI lainnya.

Di tabungan ini, kartu debit BRI tersedia dalam dua pilihan, yaitu kartu debit BRI BritAma Black dan kartu debit BRI BritAma Silver.

Kartu debit BRI ini bisa melakukan transaksi di 23.000 jaringan ATM Bank BRI di seluruh Indonesia. Kartu debit BRI ini juga bisa digunakan di jaringan ATM Bersama, Link, Prima, Cirrus, Maestro, MasterCard, dan tentu saja jaringan ATM Link atau Himbara.

Adapun limit tarik tunai BRI di ATM untuk kartu debit BRI BritAma Black adalah Rp 10 juta per hari. Sedangkan limit tarik tunai BRI untuk kartu debit BRI BritAma Silver yaitu Rp 5 juta per hari

2. Kartu ATM BRI Simpedes

Tabungan Simpedes adalah simpanan masyarakat dalam bentuk tabungan dengan mata uang dengan setoran awal minimal Rp 100.000. Sementara biaya administrasi bulanannya Rp 5.500.

Adapun limit tarik tunai BRI di ATM untuk jenis kartu debit BRI Simpedes per hari adalah Rp 5 juta. 

3. Kartu ATM BRI BritAma Bisnis

Tabungan BritAma bisnis diperuntukkan bagi para pebisnis atau pemilik usaha untuk menunjang kebutuhan transaksi. Jenis kartu ATM BRI atau kartu debit BRI yang digunakan yakni BritAma Bisnis.

Untuk membuka tabungan BRI Britama Bisnis, setoran awalnya minimal Rp 10 juta. Nasabah juga dibebaskan dari biaya administrasi kalau saldonya lebih dari Rp 5 juta.

Adapun limit tarik tunai BRI di ATM untuk jenis kartu debit BRI BritAma Bisnis adalah Rp 10 juta per hari. 

4. Kartu ATM BRI BritAma X

Tabungan BritAma X merupakan produk simpanan Bank BRI yang menyasar anak muda. Desain kartu ATM BRI BritAma X pun dibuat menarik dan elegan.

Setidaknya ada 3 jenis kartu ATM BRI BritAma X (jenis ATM BRI) yakni kartu ATM BRI BritAmaX Gentleman, kartu ATM BRI BritAmaX Ladies, dan kartu ATM BRI BritAmaX Basketball.

Kartu debit BRI ini bisa melakukan transaksi di 23.000 jaringan ATM Bank BRI di seluruh Indonesia. Kartu debit BRI ini juga bisa digunakan di jaringan ATM Bersama, Link, Prima, Cirrus, Maestro, MasterCard, dan tentu saja jaringan ATM Link atau Himbara.

Adapun limit tarik tunai BRI di ATM untuk jenis kartu debit BRI BritAma X (Classic) adalah Rp 10 juta per hari. Sedangkan limit tarik tunai BRI untuk kartu debit BRI BritAma X (Gold) yaitu Rp 20 juta per hari.

5. Kartu ATM BRI Simpedes TKI

Bank BRI mengeluarkan tabungan Britama TKI yang bertujuan untuk mempermudah proses transaksi bagi Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di luar negeri. Nasabah cukup membayar setoran awal sebesar Rp 20.000.

Kemudian nasabah akan mendapatkan kartu ATM BRI atau kartu debit BRI Classic dengan biaya administrasi yang ringan yaitu sebesar Rp 1.000 per bulan.

Adapun limit tarik tunai BRI di ATM untuk jenis kartu debit BRI Classic adalah Rp 5 juta per hari. 

6. Kartu ATM BRI Junio

BRI Junio merupakan jenis tabungan BRI yang diperuntukkan bagi nasabah yang berusia di bawah 17 tahun. Karena itu, desain kartu ATM BRI Junio memiliki karakter khusus.

Kartu ATM BRI Junio adalah kartu ATM tipe private label. Selain bisa tarik tunai, transfer dan berbagai transaksi lainnya lewat ATM BRI, pemegang kartu debit BRI Junio ini bisa bertransaksi di ATM bank lain yang ada dalam jaringan ATM Bersama, ATM Prima, dan Link.

Adapun limit tarik tunai BRI di ATM untuk jenis kartu debit BRI private label adalah Rp 5 juta per hari. 

Cara tarik tunai di ATM BRI

Tarik tunai di ATM BRI bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu dengan kartu debit maupun tanpa kartu (via BRImo). Berikut adalah cara tarik tunai di ATM BRI dengan kartu debit:

Sedangkan cara tarik tunai di ATM BRI tanpa kartu menggunakan kode khusus dari aplikasi BRImo adalah sebagai berikut:

  • Kunjungi ATM BRI terdekat
  • Buka aplikasi BRImo di smartphone.
  • Masukkan username dan password atau login menggunakan fingerprint.
  • Pilih menu "Tarik Tunai"
  • Kemudian pilih “Rekening Sumber Dana”.
  • Tentukan nominal uang yang akan ditarik.
  • Masukkan password BRImo, lalu pilih "Lanjut".
  • Anda akan menerima kode unik untuk melakukan tarik tunai di ATM.
  • Di ATM BRI, tekan "Transaksi Tanpa Kartu".
  • Lalu, pilih menu "Tarik tunai"
  • Masukkan kode unik yang didapatkan dari aplikasi BRImo.
  • Setelah itu, masukkan nomor handphone yang terdaftar di BRImo.
  • Tunggu beberapa saat, ATM BRI akan segera memproses tarik tunai.
  • Ambil uang Anda dari mesin ATM dan pastikan jumlah uang sesuai.
  • Transaksi tarik tunai tanpa kartu di ATM BRI selesai.

Demikian informasi seputar rincian limit tarik tunai BRI di ATM berdasarkan jenis kartu debit BRI. 

https://money.kompas.com/read/2023/08/18/212506526/rincian-limit-tarik-tunai-bri-di-atm-berdasarkan-jenis-kartu

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke