Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Apa Itu CEO: Pengertian, Peran, Tugas, dan Gajinya

JAKARTA, KOMPAS.com - CEO adalah posisi yang sangat penting dan memiliki dampak besar terhadap kesuksesan sebuah perusahaan. Salah satu tugas dari CEO adalah bertanggung jawab untuk mengambil keputusan yang penting bagi perusahaan. 

Apa itu CEO? 

CEO singkatan dari Chief Executive Officer. Dalam sebuah perusahaan atau organisasi, CEO adalah posisi tertinggi dalam hierarki manajemen.

CEO adalah individu yang bertanggung jawab atas pengambilan keputusan strategis, pengelolaan operasional, dan kinerja keseluruhan perusahaan.

Tugas utama seorang CEO adalah memimpin perusahaan menuju pencapaian tujuan dan visi perusahaan.

Di Indonesia, CEO adalah kerap kali disamakan dengan jabatan direktur utama atau presiden direktur. Sebagai nahkoda perusahaan, CEO memikul tanggung jawab terhadap jalannya perusahaan secara keseluruhan.

Dalam banyak kasus, CEO adalah wajah bagi perusahaan yang mengomunikasikan visi perusahaan kepada publik atau pemerintah.

CEO adalah jabatan yang langsung dipilih oleh dewan direksi dan pemegang saham. Meski dalam beberapa kasus, pemilik perusahaan seringkali juga merangkap sebagai CEO.

Pada perusahaan besar, CEO umumnya hanya memiliki urusan dengan keputusan strategis tingkat tinggi saja dan semua hal yang berkaitan dengan pertumbuhan perusahaan secara keseluruhannya.

Misalnya, CEO akan merencanakan strategi bisnis dan menentukan keputusan operasional manajemen tingkat atas.

Sementara itu pada perusahaan yang lebih kecil, CEO seringkali memiliki peran yang lebih aktif dan ikut terlibat dengan fungsi sehari-hari perusahaan tersebut. CEO akan ikut terlibat dalam perekrutan staf serta ikut membantu proyek bisnis yang terhitung kecil.

Akan tetapi, pada dasarnya, CEO memang lebih banyak terlibat pada hal-hal yang sifatnya strategis seperti rapat dengan direksi atau rapat penting lainnya.

Peran CEO dalam perusahaan

Dalam aktivitas bisnis, seorang CEO diberikan kepercayaan untuk mengelola keseluruhan perusahaan, membuat keputusan penting dan bertindak sebagai titik komunikasi utama dengan dewan direksi sekaligus para pemegang saham.

Selain itu, CEO memiliki peran yang bervariasi dari satu perusahaan ke perusahaan yang lainnya dan bergantung pada ukuran perusahaan, budaya hingga struktur perusahaan tersebut.

Dilansir dari Gramedia.com, CEO tidak hanya memiliki tanggung jawab yang besar, tetapi juga memiliki peran besar terhadap perkembangan dari perusahaan. Adapun peran dari seorang CEO adalah sebagai berikut:

1. Merancang tujuan bisnis

Peran pertama dari seorang CEO adalah menyusun rencana bisnis perusahaan dan mengevaluasi profitabilitas dari rencana bisnis tersebut.

CEO juga memiliki tanggung jawab penting untuk memantau kinerja dari departemen maupun divisi yang melapor padanya untuk memastikan kinerjanya sesuai dengan visi dan misi perusahaan.

2. CEO berperan sebagai perwakilan perusahaan

CEO adalah wajah utama dari sebuah perusahaan yang dipimpin. Oleh karena itu, kehadiran seorang CEO di mata publik memiliki dampak yang cukup besar pada persepsi publik dan produk-produk atau merek dan perusahaan.

3. Membangun tim yang solid

CEO memiliki peran untuk menjembatani karyawan dengan direksi perusahaan. CEO juga harus mampu membangun lingkungan kerja yang nyaman, sehingga akan terbentuk solidaritas dalam tim.

4. Mengalokasikan anggaran rencana belanja

CEO dan para eksekutif yang lainnya memiliki peran untuk menyiapkan anggaran rencana belanja. Hal ini karena anggaran rencana belanja tidak bisa direncanakan secara sembarangan, tetapi membutuhkan proses yang panjang dari analisis dan evaluasi.

Tujuannya agar alokasi anggaran menjadi lebih terarah. Selanjutnya, risiko untung maupun rugi dari suatu perusahaan akan menjadi tanggung jawab dari seorang CEO.

Tugas dan tanggung jawab CEO

Tugas dan tanggung jawab dari seorang CEO tidak memiliki batas standar. Namun secara garis besar, berikut beberapa tugas dan tanggung jawab dari seorang CEO:

Gaji CEO

Di Indonesia, gaji CEO dapat sangat bervariasi tergantung pada ukuran dan jenis perusahaan, industri, pengalaman, dan performa individu tersebut.

CEO perusahaan besar atau multinasional biasanya menerima gaji yang jauh lebih tinggi daripada CEO perusahaan kecil atau start-up.

Pada tahun 2021, gaji CEO di Indonesia berkisar mulai dari puluhan juta hingga ratusan juta rupiah per bulan untuk perusahaan kecil atau menengah.

Sedangkan CEO perusahaan besar atau multinasional bisa mendapatkan gaji yang jauh lebih tinggi, bahkan mencapai miliaran rupiah per tahun.

Perlu diingat bahwa kompensasi CEO sering kali bersifat rahasia dan dapat dipengaruhi oleh banyak faktor, seperti kinerja perusahaan dan negosiasi individu.

Selain itu, undang-undang perpajakan dan regulasi perusahaan dapat memengaruhi struktur kompensasi CEO. Karenanya, gaji CEO dapat sangat bervariasi dari satu perusahaan ke perusahaan lainnya.

Demikian penjelasan singkat mengenai apa itu CEO, peran, tugas, tanggungjawab, dan gajinya. Bisa dikatakan, CEO adalah jabatan paling tinggi dari sebuah perusahaan dan memiliki tanggung jawab pada keberhasilan bisnis yang dijalankan.

https://money.kompas.com/read/2023/09/18/222123926/apa-itu-ceo-pengertian-peran-tugas-dan-gajinya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke