Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

[POPULER MONEY] Pemerintah Bekukan Izin Usaha Pengelola Hotel Sultan | Penjelasan Bos GOTO soal Penjualan Saham

Pemerintah telah membekukan izin usaha PT Indobuildco selaku pengelola Hotel Sultan yang terletak di Kawasan Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta Pusat.

Menteri Investasi atau Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia mengatakan, izin usaha perusahaan milik Pontjo Sutowo itu sudah dibekukan sejak dua pekan lalu.

"Dua minggu lalu, (izin usaha Indobuildco) sudah dibekukan," kata dia dalam konferensi pers, di Jakarta, Jumat (20/10/2023).

Lebih lanjut ia bilang, pembekuan izin usaha dilakukan seiring dengan sudah berakhirnya periode sertifikat hak guna bangunan (HGB).

Selengkapnya simak di sini

2. Target Investasi Tahun Depan Rp 1.650 Triliun, Bahlil: Menko Airlangga Jago Bikin Angka, tapi Enggak Jelas...

Menteri Investasi atau Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia mengaku siap untuk mengejar target investasi sebesar Rp 1.650 triliun pada 2024.

Namun demikian, ia mengaku bingung dengan angka tersebut. Pasalnya, Bahlil tidak mengetahui pertimbangan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian yang dipimpin oleh Airlangga Hartarto untuk mengerek target investasi tahun depan sebesar Rp 250 triliun dari target 2023.

Padahal, perekonomian domestik saat ini dihadapi berbagai ketidakpastian, baik dari dalam maupun luar negeri.

"Tahun depan itu Rp 1.650 triliun diberikan target (investasi), sebenarnya kalian nanya ke Pak Airlangga boleh, Pak Airlangga jago bikin angka-angka, tapi enggak jelas juga dia dapat dari mana angkanya," tutur dia, dalam konferensi pers, di Jakarta, Jumat (20/10/2023).

Baca seelengkapnya di sini

3. Tiket Kereta Cepat Whoosh Ludes Terjual, KCIC Tambah 12 Perjalanan pada 20-22 Oktober 2023

PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) menambah 12 jadwal perjalanan baru Kereta Cepat Whoosh, khususnya untuk keberangkatan di akhir pekan pada 20-22 Oktober 2023.

Corporate Secretary PT KCIC Eva Chairunisa mengatakan, penjualan tiket kereta cepat Whoosh untuk perjalanan Jumat-Minggu telah habis terjual.

Dengan adanya penambahan perjalanan ini, diharapkan dapat mengakomodasi calon penumpang yang belum mendapatkan tiket kereta cepat di akhir pekan yang menjadi jadwal favorit.

Simak selengkapnya di sini

4. Bukan China, Ini Negara yang Paling Banyak Investasi di Indonesia

Minat investor asing untuk menanamkan modalnya di Indonesia terus meningkat. Hal ini sebagaimana ditunjukkan oleh data realisasi investasi kuartal III-2023 Kementerian Investasi atau Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM).

Berdasarkan data Kementerian Investasi, nilai penanaman modal asing (PMA) di Indonesia sebesar Rp 196,2 triliun pada periode kuartal III-2023.

Angka ini tumbuh 16,2 persen secara tahunan (year on year/yoy) dan meningkat 5,3 persen dibanding kuartal sebelumnya.

Sektor yang paling banyak diminati oleh investor asing ialah sektor industri logam dasar, barang logam, bukan mesin, dan peralatannya dengan nilai investasi 3,3 miliar dollar AS. 

Lalu negara mana yang paling banyak investasi di Indonesia? Baca di sini

5. Ramai Aksi Jual Saham, Bos GOTO: Keputusan Pribadi, Tak Cerminkan Kehilangan

Direktur Utama PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) Patrick Walujo, memberikan klarifikasi atas isu penjualan saham GoTo yang dilakukan oleh beberapa mantan anggota direksi GoTo.

Patrick mengatakan, penjualan saham tersebut merupakan keputusan pribadi individu tersebut dan tidak mencerminkan kehilangan kepercayaan terhadap GoTo maupun prospek bisnisnya.

“Keputusan penjualan saham adalah persoalan pribadi yang tergantung pada kondisi masing-masing individu. Hal ini tidak berkaitan dengan strategi, kinerja, ataupun komitmen GoTo terhadap para pemegang sahamnya,” kata Patrick dalam pesan yang diterima kepada Kompas.com, Jumat (20/10/2023).

Selengkapnya simak di sini

https://money.kompas.com/read/2023/10/21/073500826/-populer-money-pemerintah-bekukan-izin-usaha-pengelola-hotel-sultan-penjelasan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke