Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tungku Smelter Nikel di Morowali Meledak, Kemenaker Turun Tangan

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) turun tangan menindaki ledakan tungku smelter yang terjadi di PT Indonesia Tsingshan Stainless Steel (ITSS) Morowali, Sulawesi Tengah, pada Minggu (24/12/2023) kemarin.

Direktur Jenderal Pembinaan Pengawasan Ketenagakerjaan dan Keselamatan dan Kesehatan Kerja Kemenaker, Haiyani Rumondang mengatakan, pihaknya telah melakukan koordinasi dengan pihak Dinas Tenaga Kerja Provinsi Sulawesi Tengah dan juga perusahaan terkait.

Selain itu, Kemenaker melalui Dinas Kerja Provinsi Sulawesi Tengah menurunkan Tim Pengawas Ketenagakerjaan untuk menindaklanjuti insiden tersebut.

"Tim Pengawas Ketenagakerjaan Kemnaker juga akan turun," kata dia, dalam keterangannya, Senin (25/12/2023).

Tim Pengawas Ketenagakerjaan Provinsi Sulawesi Tengah dan Pusat melakukan pengawasan, termasuk memberikan pembinaan penerapan norma ketenagakerjaan khususnya K3.

Lebih lanjut ia bilang, industri smelter termasuk industri dengan risiko bahaya tinggi, maka wajib menerapkan standar Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) yang tinggi.

"Maka harus benar-benar dipastikan semua keadaan sesuai dengan persyaratan K3, terlebih pada industri smelter yang memiliki risiko bahaya tinggi. Pembinaan terus dilakukan termasuk memastikan prosedur dan personil K3 yang memenuhi standar K3," tuturnya.

Kemenaker memastikan para korban, baik yang meninggal dunia maupun yang luka-luka akan mendapatkan manfaat jaminan sosial dari BPJS Ketenagakerjaan.

"Saya juga turut berdukacita yang mendalam atas meninggalnya belasan pekerja dan puluhan pekerja lainnya yang mengalami luka-luka," ucap Haiyani.

Sebagai informasi, tungku milik PT Indonesia Tsingshan Stainless Steel (ITSS) di Morowali, Sulawesi Tengah (Sulteng), meledak pada Minggu kemarin.

Manajemen PT Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP) menyatakan, kecelakaan disebabkan adanya cairan berupa slag di dalam tungku yang tengah diperbaki.

Sisa dalam tungku yang keluar lalu bersentuhan dengan barang-barang yang mudah terbakar di lokasi.

Dinding tungku lalu runtuh dan sisa besi terak mengalir keluar dan menyebabkan kebakaran.

https://money.kompas.com/read/2023/12/25/121913726/tungku-smelter-nikel-di-morowali-meledak-kemenaker-turun-tangan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke