Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Didiet Maulana dan Tex Saverio Jadi Penjual di Shopee, Kok Bisa?

KOMPAS.com - Industri fesyen Tanah Air makin menunjukkan eksistensinya di ranah digital dalam mempromosikan desainer-desainer lokal.

Untuk mendukung talenta lokal tersebut, salah satu loka pasar kenamaan, Shopee, berkolaborasi dengan sejumlah desainer terbaik di Tanah Air melalui fitur High-End Brands Indonesia By Shopee (HEB).

Adapun fitur tersebut dihadirkan untuk mewadahi produk-produk berbagai brand serta perancang busana ternama di Indonesia.

Acara fashion show serta gala dinner bertajuk “High-Ends Brands Indonesia by Shopee EveningSoiree” pun digelar di Ballroom Hotel Ritz Carlton, Jakarta (20/1/2024). Acara ini sekaligus sebagai ajang soft-launching fitur anyar premium Shopee yang mulai bisa diakses pengguna pada Mei 2024.

Tak hanya menjadi wadah bagi para brand dan perancang busana untuk memamerkan karyanya, gelaran tersebut menandai kolaborasi kuat antara HEB dan industri fesyen lokal.

Karya dari sejumlah nama besar di industri fesyen lokal yang dipertemukan dalam kanal tersebut antara lain milik Didiet Maulana, Edward Hutabarat, GheaPanggabean, Harry Halim, Mel Ahyar, Samudra Hartanto, Sebastian Gunawan, dan Tex Saverio.

Tex Saverio mengatakan, kolaborasi tersebut menjadi langkah penting bagi perkembangan industri fesyen Indonesia ke depan.

Menurutnya, dukungan yang diberikan oleh HEB membuka peluang besar bagi para brand dan desainer lokal untuk lebih dikenal secara luas.

“Tidak hanya di dalam negeri, tetapi (mereka) juga nantinya berkesempatan untuk menjangkau kancah internasional. Ini menjadi dorongan positif untuk seluruh komunitas fesyen di Tanah Air,” ujar Tex.

Hingga gelaran soft-launching, sedikitnya terdapat hampir 60 perancang busana bergabung sebagai penjual di High-End Brands Indonesia. Selain Didiet Maulana dan Tex Saverio, ada pula Patrick Owen, Tities Saputra, Kimberly Tandra, Surya Abduh, dan perancang busana ternama lainnya.

Sejumlah brand premium Tanah Air juga telah hadir di kanal eksklusif tersebut, seperti Passion Jewelry, KRATON, Iwan Tirta, dan Veresa.

Adapun satu aspek penting dalam pemasaran produk desainer lokal melalui e-commerce adalah potensi untuk menjangkau pasar global.

Ke depannya, HEB diharapkan mampu menjadi jembatan yang memperluas cakupan dan memperkenalkan mahakarya rancangan perancang busana lokal ke dunia.

Hal itu membuka peluang besar bagi desainer lokal untuk meraih sukses internasional dan memperkuat citra mode Indonesia di panggung global.

Dukung pertumbuhan bisnis fesyen

Pada kesempatan sama, Direktur Eksekutif Shopee Indonesia Handhika Jahja mengatakan, masyarakat akan tetap dapat memperoleh produk eksklusif dari para desainer, sekaligus mendukung pertumbuhan industri fesyen lokal.

Menurut Handhika, produk eksklusif yang hanya tersedia di HEB menjadi daya tarik tersendiri bagi konsumen.

“Mereka (konsumen) tidak hanya mendapatkan produk fesyen premium dan eksklusif, tetapi juga berkontribusi langsung pada pertumbuhan dan perkembangan desainer lokal dengan jangkauan yang lebih luas melalui aksesdigitalisasi. Hal ini menciptakan rasa memiliki yang lebih kuat sekaligus penghargaan terhadap karya seni,” jelasnya.

Dalam panggung digital tersebut, lanjut Handhika, mereka dapat menampilkan kepiawaian dan kreasi mereka kepada konsumen di seluruh Indonesia.

Kemampuan untuk memasarkan produk secara eksklusif dan mencapai audiens global nantinya dapat membantu meningkatkan eksposur desainer, menjadikan HEB sebagai penghubung antaratalenta lokal dan pangsa pasar di Indonesia, bahkan mancanegara.

Dari sisi Pembeli, lanjut dia, High-End Brands Indonesia By Shopee menawarkan pengalaman berbelanja premium dengan koleksi produk yang telah dikurasi secara langsung dari brand dan perancang busana ternama di Indonesia.

Selain itu, HEB memberikan jaminan atas kualitas dan keunikannya. Dengan begitu, konsumen dapat menikmati sentuhan eksklusif dalam setiap produk favorit mereka.

"Selain produk yang telah dikurasi, HEB juga memberikan berbagai promosi menarik untuk produkpremium juga menjadi daya tarik utama di platform eksklusif ini. Pembeli memiliki kesempatan untuk mendapatkan promo eksklusif dari berbagai produk premium karya brand dan perancang busana Indonesia," terangnya.

Dengan begitu, HEB tidak hanya menawarkan produk fesyen berkualitas tinggi, tetapi juga memberikan nilai tambah melalui promosi yang menggiurkan, menciptakan pengalaman berbelanja berbeda bagi para konsumen yang menghargai keistimewaan.

Interface pengguna yang dirancang dengan baik di HEB memudahkan konsumen untuk menjelajahi danmemahami setiap detail produk.

"Dengan tampilan 360 derajat, konsumen dapat melihat produk secara menyeluruh sebelum memutuskan untuk membeli, meningkatkan kepercayaan, dan kepuasan pembeli," kata Handhika. 

https://money.kompas.com/read/2024/01/21/120622526/didiet-maulana-dan-tex-saverio-jadi-penjual-di-shopee-kok-bisa

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke