Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Lima Tanda Sukses Mengelola Keuangan

Menurut Allocca, dengan jumlah pendapatan yang tinggi, pengelolaan uang adalah salah satu tantangan yang bisa menjadi sulit. Terutama jika tidak memahami trik-triknya.

“Ada banyak orang yang merasa tidak berdaya ketika memiliki kondisi finansial yang lebih baik dari apa yang mereka pikirkan,” ujar Allocca mengutip CNBC, Senin (26/2/2024).

Allocca menambahkan, untuk membantu orang merasa tidak terlalu putus asa, Allocca membagikan beberapa tanda kamu memiliki kinerja finansial yang lebih baik daripada yang kamu pikirkan.

“Saya pikir ini akan menjadi cara yang bagus untuk mengingatkan orang-orang bahwa meskipun kamu merasa keuangan kamu sedang terpuruk, kondisimu mungkin lebih baik daripada kebanyakan orang. Tapi kamu tidak sadar,” ujar dia.

Berikut lima tanda bahwa keuangan pribadi kamu saat ini sudah on track:

1. Memiliki dana darurat

Perencana keuangan biasanya merekomendasikan cadangan uang tunai senilai tiga hingga enam bulan dari pengeluaran kamu untuk keadaan darurat yang tidak terduga, seperti perawatan medis atau perbaikan mobil.

Allocca menyarankan untuk menyimpan uang tersebut di rekening tabungan dengan return yang tinggi. Ini dinilai penting untuk memaksimalkan bunga yang kamu peroleh dari dana tersebut.

Mengumpulkan dana darurat juga dapat membantu kamu menghindari ketergantungan pada hal-hal seperti utang kartu kredit berbunga tinggi, yang mungkin sulit dilunasi.

“Kamu juga terhindar dari siklus hutang yang dapat merugikan diri sendiri,” kata Allocca.

“Dengan sedikit uang sebagai bantalan, kamu dapat menutupinya, bergerak maju, dan berupaya mencapai tujuan keuangan mu,” sambung dia.

Jika kamu secara konsisten membayar tagihan tepat waktu, atau bahkan beberapa hari lebih awal, ini menunjukkan bahwa kamu dapat mengendalikan arus kas kamu.

“Banyak orang tidak tahu berapa banyak uang yang sebenarnya mereka belanjakan setiap bulannya,” jelas dia.

“Ini termasuk mereka yang berpenghasilan tinggi yang masih hidup dari gaji ke gaji karena mereka tidak melacak pengeluaran mereka,” tambahnya.

Dengan membayar tagihan tepat waktu, artinya kamu tidak menghabiskan seluruh gaji terakhir sebelum gaji berikutnya disetorkan. Ini pertanda bahwa arus kas bulanan kamu lebih baik dari yang kamu kira.

3. Berkontribusi pada tujuan finansial setiap bulan

Jika kamu secara aktif mengambil langkah-langkah untuk mencapai tujuan finansial, kamu melakukannya lebih baik daripada kebanyakan yang dilakukan orang lain.

Dengan memasukkan uang ke dalam tabungan pensiun, membayar utang kartu kredit, atau membangun keadaan darurat.

“Mampu menabung atau berinvestasi atau melunasi hutang apa pun merupakan sebuah pencapaian,” katanya.

4. Dapat membeli barang tidak penting tanpa stres

Mampu membeli barang yang dibutuhkan atau inginkan adalah sebuah kemewahan yang diabaikan oleh banyak orang.

Misalkan memanjakan diri kamu dengan kopi yang mahal atau tidak khawatir jika tagihan makanan kamu cukup tinggi.

“Ini adalah sesuatu yang tidak bisa dilakukan oleh banyak orang,” kata Allocca.

“Kami menerima begitu saja,” jelasnya.

5. Posisi lebih baik dibandingkan tahun sebelumnya

Agar keuangan kamu lebih baik ke depannya, Allocca merekomendasikan untuk fokus pada kemajuan keuangan setiap tahun. Pencapaian kamu mungkin bisa dilakukan dengan menabung dana darurat, atau mendapatkan kenaikan gaji.

“Mengakui kemajuan adalah hal yang membangun kepercayaan terhadap masa depan keuangan Anda,” kata dia.

https://money.kompas.com/read/2024/02/26/161850026/lima-tanda-sukses-mengelola-keuangan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke