Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Harga Emas Dunia Capai Rekor Tertinggi, Dekati Level 2.300 Dollar AS

Mengutip CNBC, harga emas di pasar spot ditutup naik 1,2 persen ke level 2.276,79 dollar AS per ons. Pada sesi perdagangan kemarin harga emas mencapai level tertinggi sepanjang masa di 2.276,89 dollar AS per ons.

Sementara itu, harga emas berjangka Comex New York Exchange terpantau naik 1,6 persen ke level 2.292,70 dollar AS per ons. Harga tersebut semakin mendekati level psikologis baru ke 2.300 dollar AS per ons.

Konflik di Timur Tengah kian memanas usai adanya serangan rudal Israel ke gedung Kedubes Iran untuk Suriah di Damaskus pada Senin (1/4/2024). Korban tewas sedikitnya tujuh penasihat militer Iran.

Iran pun bersumpah akan membalas dendam kepada Israel atas serangan udara tersebut.

"Kami melihat sejumlah permintaan safe haven mengalir ke emas, yang berkaitan dengan serangan Israel terhadap kedutaan besar Iran di Suriah,” kata Daniel Ghali, ahli strategi komoditas di TD Securities.

Selain konflik di Timur Tengah, Ole Hansen dari Saxo Bank menilai, penawaran beli dari bank ritel dan bank sentral diikuti oleh spekulan yang mengikuti momentum telah memperpanjang posisi beli mereka setelah emas menembus di atas level psikologis 2.200 dollar AS per ons.

Kombinasi dorongan bullish juga telah mendorong harga emas batangan menguat hampir 10 persen sepanjang tahun ini.

"Yang membuat reli emas saat ini tidak biasa adalah hal itu terjadi meskipun ada hambatan yang signifikan seperti kenaikan dollar AS, imbal hasil Treasury yang meningkat, dan kemungkinan kenaikan suku bunga AS yang lebih tinggi dalam jangka waktu yang lebih lama," kata analis independen Ross Norman.

Indeks dollar AS memang trennya menguat beberapa waktu belakangan, namun mulai melandai pada perdagangan kemarin. Pada Selasa kemarin, indeks dollar AS turun 0,2 persen ke level 104,78 dibandingkan posisi hari sebelumnya yang berada di angka 105,02.

Di sisi lain, investor juga mengurangi ekspektasi mulai terjadi penurunan suku bunga bank sentral AS atau Federal Reserve (The Fed) pada pertemuan Juni 2024 menjadi 58 persen dibandingkan sebelumnya sekitar 60 persen.

Jika dalam keadaan normal, kondisi ekspektasi yang menurun itu akan menekan harga emas batangan yang tidak memberikan imbal hasil dibandingkan instrumen investasi lainnya.

Namun, hal tersebut ternyata tidak mempengaruhi pergerakan harga emas yang terus menguat.

"Meski pasar emas masih berada dalam suasana yang sangat bullish, tetapi pasar mungkin perlu melakukan konsolidasi di tengah pergeseran kembali ke pandangan yang lebih hawkish terhadap kebijakan The Fed," kata Tai Wong, trader logam independen yang berbasis di New York.

https://money.kompas.com/read/2024/04/03/110000926/harga-emas-dunia-capai-rekor-tertinggi-dekati-level-2.300-dollar-as

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke